Wali Kota Pimpin Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kota Cirebon

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Upacara peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kota Cirebon dilaksanakan di Balai Kota Cirebon pada Sabtu pagi (22/10). Wali Kota Cirebon H. Nashrudin Azis bertindak sebagai inspektur upacara. 

Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti Herawati, bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli, para pejabat Forkopimda, sejumlah tamu undangan, dan para santri hadir memenuhi lapangan. 

Pada kesempatan ini, Nashrudin menyampaikan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qoumas berkenaan dengan momentum hari santri.

"Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia," ucapnya. 

Nashrudin kemudian mengajak hadirin untuk sejenak mengenang peristiwa yang melatarbelakangi hari ini. 

Hari Santri Nasional dilatarbelakangi oleh peristiwa bersejarah tatkala KH. Hasyim Asy'ari merumuskan fatwa "resolusi jihad" pada 22 Oktober 2022. Fatwa tersebut mengobarkan semangat kaum santri untuk turut berjuang mempertahankan kedaulatan negeri ini hingga perlawanan tersebut mencapai puncaknya di Surabaya pada 10 November 1945, yang kemudian dikenal sebagai Hari Pahlawan.

Usai upacara, tokoh nomor 1 Kota Cirebon tersebut  melaksanakan seremoni pemotongan tumpeng yang kemudian diserahkan kepada Saefuddin Jazuli. 

Setelah itu, peserta upacara bersama-sama mengikuti kirab santri dari Balai Kota Cirebon menuju Masjid Sang Ciptarasa. 

Kontributor : Haji Arif Arofah