Siswa MI PUI Siti Mulya Diasesmen, Kepala Kemenag Kota Cirebon : Kerjakan dengan Teliti

SHARE

Lemahwungkuk (HUMAS Kota Cirebon) 

Para siswa MI PUI Siti Mulya Kota Cirebon tengah mengikuti asesmen madrasah (AM) keempat di almamater mereka pada Kamis (16/5/2024). Mereka menjalani dua mata pelajaran yang diasesmen, yakni Matematika dan Sejarah Kebudayaan Islam. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid yang hadir untuk memantau pelaksanaan asesmen mengimbau agar para siswa mengerjakan soal dengan teliti, dan tidak terburu-buru. 

"Hari ini, anak-anakku sekalian mengerjakan soal-soal SKI. Mata pelajaran ini biasanya berdasarkan hafalan. Ada banyak pertanyaan yang berkaitan dengan tahun peristiwa dan nama-nama tokohnya yang mungkin banyak kemiripan. Jadi, bacalah soal dengan teliti, lalu kerjakan soal juga dengan teliti. Tidak lupa, kita mengawali aktivitas ini dengan membaca basmalah," ucapnya di sela panitia asesmen membagikan lembar soal dan lembar jawaban kepada siswa. 

Ada 30 peserta didik MI PUI Siti Mulya yang menjalani asesmen madrasah tahun ini. Mereka dibagi ke dalam dua ruangan dengan mengutamakan kenyamanan. Dengan demikian, siswa dapat berkonsentrasi penuh terhadap ujian tanpa terkendala hal-hal yang membuatnya tidak nyaman. 

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) H. Jajang Badruzaman mengungkapkan bahwa asesmen madrasah bagi madrasah ibtidaiyah dilaksanakan selama sepekan pada tanggal 13-17 Mei 2024. Para siswa disuguhi soal-soal dari mata pelajaran yang sudah dipelajarinya selama belajar di MI. Ada pun mata pelajaran yang diasesmen meliputi mata pelajaran umum, seperti Matematika, IPA, dan IPS; dan mata pelajaran agama, seperti Qur'an Hadits, Akidah Akhlak, dan Fikih. 

Hasil dari asesmen madrasah digunakan sebagai tolok ukur pencapaian hasil belajar siswa, dan sebagai bahan evaluasi madrasah dalam menerapkan strategi pendidikan yang lebih baik. 

Kontributor : Haji Arif Arofah