20 Siswa MAN 2 Kota Cirebon Hafidz Quran, Kepala Kemenag Kota Cirebon : Buah Kerja Keras

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Sebanyak 20 siswa MAN 2 Kota Cirebon memperoleh prestasi sebagai hafidz Qur'an. Kepada mereka, pihak madrasah memberikan apresiasi dan penghargaan yang diserahkan bertepatan dengan momen wisuda siswa kelas XII, yang berlangsung di Hotel Zamrud (25/4/2024). Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid yang hadir dalam momen tersebut mengungkapkan suka citanya atas capaian tersebut. 

"Para hafidz dan hafidzah di sini telah menunjukkan kerja kerasnya di bidang tahfidz Qur'an. Untuk meraih prestasi ini, tidak cukup hanya belajar dan menghafal satu kali, tetapi belajar terus menerus hingga mencapai kesuksesan. Ini tidak mudah, karena di dalam prosesnya ada pengorbanan waktu dan tenaga," ucapnya. 

Moh. Khuailid berharap capaian ini dilanjutkan demi meraih capaian yang lebih baik dan lebih tinggi. Dirinya mengingatkan betapa pentingnya 

membudayakan literasi, termasuk literasi Al-Qur'an. 

"Melalui surat Al-Alaq kita telah diingatkan betapa pentingnya budaya membaca, betapa pentingnya literasi untuk mengetahui berbagai hal dna berbagai ilmu. Melalui surat Al-Alaq pula kita memahami pentingnya untuk selalu berusaha dan tak kenal menyerah. Kiranya hal ini membuat kita semakin bersemangat untuk menyebarkan semangat Qur'ani melalui berbagai bidang, salah satunya bidang hafid Qur'an," ucapnya. 

Kedua puluh siswa tersebut berhasil menghafal Al-Qur'an dengan jumlah juz yang berbeda-beda. Satu orang berhasil menghafal 30 juz; satu orang 10 juz; dua orang 4 juz; dua orang 3 juz, lima orang 2 juz, dan sisanya 1 juz. 

Kontributor : Haji Arif Arofah