41 Siswa MI Salhud 1 Jalani Asesmen Madrasah

SHARE

Lemahwungkuk (HUMAS Kota Cirebon)

Asesmen madrasah (AM) merupakan pengganti ujian akhir madrasah (UAMBN) dan ujian nasional (UN), yang diikuti oleh siswa tingkat akhir, yakni kelas 6 madrasah ibtidaiyah (MI).  Tahun ini, ada 41 siswa MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon, atau biasa disingkat Salhud 1, yang menjalani AM. AM tahun 2024 dilaksanakan selama sepekan pada tanggal 13-17 Mei 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid mengatakan bahwa AM dilaksanakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Hal ini disampaikannya pada saat memantau langsung jalannya AM di madrasah ibtidaiyah yang berada Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon tersebut pada Kamis (16/5/2024.

"Asesmen madrasah dilaksanakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik kita sesuai standar kompetensi lulusan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Asesmen ini wajib diikuti oleh siswa tingkat akhir di madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan madrasah aliyah. Termasuk anak-anak kelas 6 di MI Salhud 1," ucapnya. 

Khuailid mengungkapkan rasa syukur pelaksanaan AM dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Para siswa pun tampak nyaman menjawab ke-40 soal yang terpampang di lembar pertanyaan. 

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) H. Jajang Badruzaman menambahkan bahwa AM juga dilaksanakan untuk mengukur seberapa berhasil pihak madrasah memberikan pelajaran. Hal ini dapat dijadikan sebagai evaluasi untuk menerapkan strategi pendidikan yang lebih baik di tahun mendatang. 

"Sebagaimana amanat undang-undang, salah satunya melalui Keputusan Dirjen Pendis Nomor 901 tahun 2023, AM dilaksanakan sebagai umpan balik dalam hal perbaikan pembelajaran pada madrasah. Jadi pihak madrasah dapat memanfaatkan data AM tahun ini untuk menerapkan strategi yang lebih dalam memberikan pelajaran pada peserta didiknya," ucap mantan kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah tersebut. 

Kontributor : Haji Arif Arofah