Penutupan Matsama, MTs Darul Hikam Siap Jalankan Amanah Orangtua

SHARE

Panjunan (HUMAS Kota Cirebon) 

Selama 4 hari, peserta didik baru MTs Darul Hikam Kota Cirebon menjalani proses Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Pelajaran 2024/2025. Sebanyak 83 peserta didik baru mengikutinya dengan baik dari mulai Senin sampai kamis. Pada Jum'at (19/7/2024), madrasah di kawasan Panjunan tersebut menggelar penutupan matsama yang dihadiri oleh peserta didik dan orangtua.

Kepala MTs Darul Hikam Nasirudin mengungkapkan bahwa mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan pendidikan hakikatnya sebuah amanah yang berat, dan memiliki tanggung jawab dunia akhirat. Namun dirinya menyampaikan komitmen untuk siap menjalankan amanah ini sepenuh hati. 

"Memberikan pendidikan hakikatnya amanah yang berat. Ada yanggung jawab dunia akhirat yang dipikul. Namun insyaallah kami akan senantiasa menjalankan amanah yang diemban untuk membina peserta didik yang dititipkan dengan sepenuh hati," ucapnya. 

Nasirudin pun menambahkan bahwa pendidikan di madrasah diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik akan ilmu pengetahuan seraya menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah. Ada ikhtiar yang dijalankan dalam mendidik siswa dengan berbagai macam cara yang sesuai syariat Islam. Ada juga nilai keikhlasan dari orangtua dalam menitipkan anaknya. 

"Juga ada nilai tawakal di mana kita semua beriktiar yang terbaik demi terciptanya pendidikan berkualitas, seraya menyandarkannya kepada Allah SWT," ucapnya. 

Sementara, perwakilan dewan pengurus Yayasan Darul Hikam Gunawar, selaku Koordinator Pendidikan, mengungkapkan ucapan terimakasih kepada bapak ibu orangtua yang telah mempercayakan lembaga pendidikannya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu orangtua yang telah mempercayakan kami sebagai pendidikan bagi anak bapak ibu semua, lembaga pendidikan yang sudah lama berdiri dan sekarang berusia 114 tahun, menjamin bahwa semua guru-gurunya profesional, semua sudah mengetahui seluk beluk pendidikan" ucapnya

Di akhir penghujung acara, perwakilan orangtua peserta didik pun menyampaikan bahwa mereka selaku orangtua mempercayakan sepenuhnya kepada madrasah untuk membina putra putrinya menjadi anak yang salih dan salihah, berakhlak mulia, cerdas, dan bermanfaat untuk umat.

Kontributor : Syaefulloh, MTs Darul Hikam

Editor : Haji Arif Arofah