PLHUT Diresmikan, Kepala Kemenag Kota Cirebon : Untuk Layanan Lebih Baik

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Pusat Layana Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qoumas pada Jumat (19/7/2024). Peresmian dilakukan bersama PLHUT dari kota/kabupaten lainnya, dan gedung baru KUA serta madrasah se-Provinsi Jawa Barat yang dilangsungkan di Hotel Luxton Cirebon. Hal ini menandai dimulainya pelayanan model baru bidang haji dan umrah, dengan mengusung semangat pelayanan lebih baik. 

"Alhamdulillah PLHUT Kankemenag Kota Cirebon telah resmi berdiri. Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat H. Ajam Mustajam. Insyaallah dengan adanya PLHU, pelayanan yang diterapkan akan lebih padu dan lebih baik," ucap Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid pada momen tasyakur binnikmah usainya penyelenggaraan haji 2024 di aula PLHUT lantai 2.

Keterpaduan layanan itu misalnya dengan penyediaan fasilitas yang lebih nyaman bagi masyarakat. Misalnta dengan adanya rusng tunggu yang lebih luas dan nyaman, meja layanan yang lebih representatif, jalur kursi roda bagi difabel, toliet umum dan toilet difabel, serta aula yang luas dan sejuk. Pada fasilitas batu juga terdapat ruang yang diproyeksikan bagi bank mitra yang hendak membuka layanan setoran awal haji yang lebih padu. 

Khuailid menuturkan bahwa PLHUT dibangun tepat waktu dalam kurun 5 bulan. Namun hakikatnya, proses yang dilaksanakan lebih panjang dari itu. 

"Pembangunan PLHUT hakikatnya telah menjalani proses yang panjang. Karena di dalamnya terdapat perjuangan dan ikhtiar seluruh pihak dalam mewujudkan hal ini, mulai dari proses hibah tanah, proses perencanaan, pengajuan SBSN, dan pelaksanaan. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Cirebon dan seluruh pihak yang telah berjuang keras dalam pembangunan gedung ini. Kiranya hal ini menjadi ladang pahala bagi semua pihak. Aamiin."

Sebagai informasi, PLHUT Kankemenag Kota Cirebon merupakan satu dari tiga PLHUT yang diresmikan oleh Menteri Agama RI pada Jumat lalu. Gedung-gedung ini dibangun dengan pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun anggaran 2024. Secara keseluruhan, Jawa Barat pada tahun 2024 mendapatkan bantuan pembangunan SBSN 28 Madrasah, 3 PLHUT, dan 13 Kantor Urusan Agama (KUA).

Kontributor : Haji Arif Arofah