Tiba di Kertajati, Kemenag Kota Cirebon Jemput Jemaah Haji yang Sakit

SHARE

Kertajati (HUMAS Kota Cirebon) 

Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melaksanakan penjemputan dua jemaah haji yang sakit di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Senin (22/7/2024). Kedua jemaah haji sejatinya dijadwalkan pulang bersama jemaah haji Kota Cirebon lainnya pada 6 Juli 2024. Namun dikarenakan sakit keras, keduanya menjalani perawatan terlebih dahulu di rumah sakit Arab Saudi. Ini sebagaimana disampaikan oleh H. Abdul Wasi, yang merupakan ketua Kloter 15 KJT yang merupakan kelompok terbang jemaah haji Kota Cirebon. 

"Seluruh jemaah haji Kota Cirebon dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 6 Juli 2024. Namun dua jemaah haji mengalami sakit keras sehingga menjalani perawatan terlebih dulu. Alhamdulillah hari ini keduanya dapat dipulangkan, dan kami menjemput langsung di Kertajati," ucapnya. 

Wasi menambahkan bahwa kedua jemaah haji tersebut merupakan pasangan suami-istri,yakni H. Narwan dan Hj. Sarwinasti. Keduanya terbang dengan menumpang pesawat terbang bersama Kloter 29 KJT. Mengingat jarak dan waktu perjalanan yang ditempuh cukup jauh, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Cirebon menyiapkan ambulans untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. 

"Kami membawa serta satu unit ambulans beserta kru lengkap dari mulai dokter hingga tenaga medis. Dengan demikian, kami dapat melakukan tindakan medis secara langsung begitu jemaah haji tiba di Kertajati," tambahnya. 

Seementara itu, jabatan fungsional umum dari Seksi Pendidikan Haji dan Umrah (PHU) H. Fakhrie Fakhrudin Avicenna, yang memimpin rombongan penjemput, mengatakan bahwa pelayanan yang dilakukan kepada jemaah haji tidak hanya berkenaan dengan tindakan medis, melaikan juga administasi. "Pelayanan administrasi ini dilakukan untuk memastikan hal-hal yang melekat dengan jemaah haji dapat terpenuhi. Misalnya, proses imigrasi, pengelolaan koper, dan air zam-zam," ucapnya. 

Hal senada disampaikan oleh Kepala Seksi PHU Hj. Rokhyatun. Dirinya bersyukur kedua jemaah haji dapat kembali ke Tanah Air. Dengan demikian, seluruh jemaah haji Kota Cirebon telah kembali ke Kota Cirebon. 

"Syukur alhamdulillah, seluruh jemaah haji Kota Cirebon telah dipulangkan kembali ke Kota Cirebon. Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dna kerja sama semua pihak terkait hal ini," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah