Jalani Asesmen Madrasah, Siswa MI Salafiyatul Huda 2 Mantap Lanjut MTs

SHARE

Harjamukti (HUMAS Kota Cirebon) 

Sebanyak 32 siswa MI Salafiyatul Huda 2 Kota Cirebon menjalani asesmen madrasah sejak 13 Mei 2024. Pada hari ini (16/5/2024), mereka menjalani tes pelajaran Matematika. Nayla (12), salah seorang siswa yang mengikuti asesmen mengaku optimis dirinya mampu menaklukkan ke-40 soal berhitung tersebut. Demikian halnya Muhammad Naufal (12) yang juga menyampaikan rasa optimisme. Mereka sama-sama menyatakan mantap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang madrasah tsanawiyah (mts). 

Hal tersebut diamini oleh Kepala MI Salafiyatul Huda 2 Atang Uyudin. Dikatakannya bahwa siswa-siswinya berencana melanjutkan ke sejumlah madrasah tsanawiyah terdekat. 

"Alhamdulillah, anak didik kami berencana untuk melanjutkan pendidikan ke madrasah tsanawiyah. Ada beberapa madrasah yang menjadi pilihan mereka, seperti MTsN 2 Kota Cirebon dan MTs An-Nur Kota Cirebon," ucapnya. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid, yang bertandang dalam rangka monitoring pelaksanaan asesmen, menyampaikan apresiasi atas niatan para siswa. "Alhamdulillah, para siswa memiliki hasrat yang besar untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat menengah pertama. Mereka memilih untuk melanjutkannya ke madrasah tsanawiyah. Dengan demikian, pendidikan agama yang dienyam selama menuntut ilmu di madrasah ibtidaiyah dapat dilanjutkan di madrasah tsanawiyah."

Hal senada disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) H. Jajang Badruzaman. Diungkapkannya bahwa pihak madrasah tidak hanya memiliki kewajiban mengajarkan ilmu kepada anak didiknya, melainkan juga memberikan motivasi agar nyala semangat siswa dalam belajar tak pernah surut. 

Kontributor : Haji Arif Arofah