Bentuk Kepedulian Sosial, Siswa MTsN 2 Kota Cirebon Padamkan Kebakaran Lahan Warga

SHARE

Kalijaga (HUMAS Kota Cirebon) 

Di musim kemarau ini, kebakaran lahan kerap terjadi oleh berbagai sebab. Hal ini pun terjadi pada lahan sawah kering milik warga di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Insiden tersebut terjadi pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Beruntung, kebakaran yang berada dekat pemukiman segera diketahui warga beserta siswa-siswi MTsN 2 Kota Cirebon, yang melihat kobaran api dari area madrasah. 

Sontak, puluhan siswa bersama guru dan staf sekolah turun tangan dalam upaya pemadaman. Mereka bergotong-royong bersama warga dan petugas pemadam kebakaran, lalu secara estafet mengambil air, menyiram titik api, menaburkan pasir, dan memukul titik api dengan alat-alat sederhana yang ada di sekitar mereka. Sinergi ini membuktikan semangat gotong royong dan kepedulian sosial siswa dalam menghadapi situasi darurat.  

"Alhamdulillah, berkat bantuan seluruh pihak, api dapat dipadamkan secepat mungkin sebelum meluas," ujar Muhammad Tarmizi Azmi, salah salah satu guru yang mendampingi siswa melakukan aksi heroik tersebut. 

Azmi menambahkan bahwa aksi dilakukan secara spontan, namun para guru tetap memastikan kepedulian para siswa dapat dilaksanakan dalam perimeter yang aman. Terlebih, aksi cepat tanggap ini membuahkan sinergi yang apik antara sekolah, warga, dan petugas pemadam kebakaran. Dengan demikan, hal ini berhasil mencegah kebakaran merambat ke area pemukiman, sekolah, ternak, dan menghindari kerugian yang lebih besar. 

Atas respon cepat yang dilakukan oleh para guru dan siswa MTsN 2 Kota Cirebon ini, Unit Pemadam Kebakaran Kota Cirebon mengapresianya. Salah seornag petugas mengungkapkan bahwa partisipasi aktif siswa dan warga sangat membantu mempercepat proses pemadaman. Insiden ini pun sekaligus menjadi pelajaran penting bagi siswa tentang pentingnya kepedulian sosial dan kesiapsiagaan dalam situasi darurat.

Kontibutor : Azmi

Editor : Haji Arif Arofah