Dorong IGRA Cetak Generasi Hebat, Kepala Kemenag Kota Cirebon Sampaikan 4 Hal

SHARE

Harjamukti (HUMAS Kota Cirebon) 

Di era digitalisasi ini, persaingan sumber daya manusia (SDM) kian tak terhindarkan. Guna mengimbanginya, madrasah dituntut mampu bersaing secara global. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama dalam menyiapkan generasi berkualitas, tak terkecuali insan pendidikan madrasah, seperti guru dan tenaga kependidikan (GTK) pada raudlatul athfal. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid pada pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) IV Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kota Cirebon di Gedung Andalus City, Harjamukti, Kota Cirebon (9/10) 2024).

"Persaingan SDM kian tak terhindarkan. Ini menjadi tanggung jawab bersama dalam menyiapkan generasi berkualitas. Oleh karenanya, melalui musyawarah ini, kita optimistia dapat memiliki peran besar dalam mencetak generasi hebat," ucapnya.

Moh. Khuailid mengatakan bahwa ada empat hal yang dapat dilakukan oleh GTK RA untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama, berkomitmen menjadikan RA lembaga pendidikan terdepan. Dirinya berharap kesempata musda ini dapat menjadi momentum untuk terus berkomitmen pada kemajuan.

"Hal kedua, yakni terciptanya lembaga RA yang unggul, Islami, dan berdaya saing. Secara kuantitas, masyarakat sudah mulai percaya kepada lembaga RA, mengingat ada peningkatan jumlah siswa RA tiap tahunnya. Namun kualitas harus terus ditingkatkan agar lembaga semakin unggul," ucapnya. 

Adapun hal ketiga yakni terwujudnya pendidikan RA yang berakhlakul karimah dan berprestasi. Hal ini sejalan dengan harapan masyarakat yang mempercayakan anaknya untuk belajar di RA, agar memperoleh pemahaman agama berakhlakul karimah. Harapan ini pun perlu diwujudkan dalam bentuk keteladanan yang ditunjukkan oleh para guru RA.

"Adapun hal keempat, yakni ukhuwah Islamiyah antarguru. Dengan jalan ukhuwah ini, sinergi antara guru niscaya dapat semakin kuat. Salah satunya tentunya melalui wadah organisasi IGRA," ucapnya. 

Dalam hal ini, Moh. Khuailid menyampaikan apresiasi atas kiprah guru RA Kota Cirebon yang tak kenal lelah berperan dalam mencetak generasi berakhlakul karimah. Dirinya mengungkapkan asa di bawah panji IGRA Kota Cirebon, peran ini dapat semakin apik dan unggul. 

Kontributor : Haji Arif Arofah