Jadi Momentum Kemandirian Siswa MTsN 1 Kota Cirebon, Kemah Alih Golongan Sukses Digelar

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Siswa MTsN 1 Kota Cirebon menjalani Kemah Alih Golongan pada akhir pekan ini. Program wajib peralihan dari masa tamu siaga ke penggalang ini sukses digelar di Bumi Perkemahan Sidomba, Kabupaten Kuningan. Kegiatannya pun resmi berakhir pada Ahad (13/10/2024), seiring seremoni penutupan yang dipimpin oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Abdul Kholik. 

Dalam penutupan ini, Abdul Kholik menyampaikan bahwa kegiatan digelar dengan tujuan menjadikannya kawah candradimuka bagi para penggalang dalam memumpuk kemandirian hidup. "Kegiatan yang telah selesai dijalani merupakan kawah candradimuka dalam kegiatan pramuka. Setelah dua hari di sini, saya harap para siswa dapat menumbuhkan kemandirian melalui pembelajaran di luar madrasah ini karena sudah berlatih hidup jauh dari orangtua."

Kholik menambahkan bahwa kemandirian yang diperoleh selama berkemah dapat diterapkan dalam bentuk sikap dan perkataan yang terpuji. Terlebih hal ini merupakan salah satu wujud implementasi Tri Satya dan Dasa Dharma yang selama ini telah dihafalkan.

"Dari kegaiatn kemah akhir pekan ini, kiranya kita pun dapat memetik hikmah untuk dapat lebih mandiri dalam bersikap, yakni melakukan perbuatan dan perkataan yang terpuji. Di samping itu juga perlu ditanamkan semangat untuk saling mengajak mencintai alam sekitar," ucapnya. 

Kegiatan Kemah Alih Golongan diikuti oleh 320 siswa madrasah di kawasan Pilang ini. Kegiatan ini merupakan puncak masa tamu setelah para penggalang merampungkan pengisian buku saku Pramuka. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ahmad Najib selaku pembina di sela acara.

"Alhamdulillah ini adalah kegiatan puncak masa tamu penggalang setelah mereka melengkapi semua hal yang dipersyaratkan dalam buku saku untuk pelantikan penggalang," ucapnya, seraya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan.

Adapun Zamaluddin Tsaqif, Pratama Pramuka Ambalan RE Martadinata MTsN 1 Kota Cirebon menyampaikan kesannya tentang acara ini. "Kami para senior merasa senang dapat bertugas pada kegiatan ini dalam membimbing para penggalang. Insyaallah ke depannya, mereka bisa lebih semangat, mendapatkan pengalaman yang lebih luas, juga menambah wawasan tentang alam," ucapnya. 

Kontributor : M. Qomaruddin

Editor : Haji Arif Arofah