MTsN 1 Kota Cirebon gelar P5PPRA di Alam Bebas, Ajak Siswa Tafakur dan Kenali Diri

SHARE

Bandorasa (HUMAS Kota Cirebon) 

P5PPRA adalah singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Projek ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dan konsep Rahmatan Lil Alamin. Berkenaan dengan ini, MTsN 1 Kota Cirebon menggelar P5PPRA bersamaan dengan kegiatan kemah bersama pada 9-10 Oktober 2024. Pada kegiatan ini, siswa mendapatkan materi mendapatkan tentang Scaning Diri atau tentang bagaimana mengenali diri dan semua keadaan yang melekat padanya.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum Sulastri menyampaikan bahwa mengenal diri sendiri penting dalam proses kedewasaan siswa. Terlebih hal ini dilakukan bersamaan dengan momen kemah. Siswa berkesempatan untuk bertafakkur di alam bebas seraya menumbuhkan rasa syukur pada diri.

"Peserta didik kelas 7 yang ikut kegiatan ini belajar untuk mengenali dirinya sebagai bagian dari proses pembelajaran dan kedewasaan. Mereka diajak menyatu dengan alam, mengagungi dan mensyukuri ciptaan Allah sehingga mereka dapat melihat, merasakan dan mengambil hikmah dari apa yang dilaksanakan di alam terbuka," ucapnya pada Kamis (10/10/2024). 

Ada tiga fasilitator yang membawakan materi scanning diri dan materi lainnya terkait tema "bangunlah jiwa raga", yakni Qomaryddin dan Zenitho selaku guru agama, dan Ardian selaku guru bimbingan konseling. Mereka menyampaikan pemahaman-pemahaman tentang bagaimana dan kenapa manusia harus menumbuhkan rasa syukur dalam rposes membangun jiwa dan raga. 

"Bila kami bertanya tentang kabar kalian, jawablah dengan kata 'jiwaku kuat, pikiranku sehat, hatiku bahagia'. Hal ini decara sadar maupun tidak sadar akan berpengaruh dalam membangun kesadaran poaituf," ucap Qomar sambil mencontohkan gerakan yang sesuai dengan slogan.

Pada kegiatan ini dilaksanakan diskusi dari hati ke hati. Fasiltator membimbing para siswa untuk memahami 3 hal penting, yakni (1) Mengapa hidup harus bahagia; (2) Apa itu Kebahagiaan; dan (3) Bagaimana cara agar bisa hidup bahagia. 

Ahmad Anjaya, selaku salah satu peserta didik kelas 7i mengungkapkan kesan kebahagiaan tentang kegiatan ini. "Kemahnya seru, seneng. Paling berkesan waktu disuruh memimpin senam bersama. Saya menikmatinya."

Ungkapan senada disampaikan oleh Sulastri, yang berharap agar siswa MTsN 1 Kota Cirebon dapat memiliki mentalitas yang kian positif dalam nengarungi kehidupan. "Harapannya bagi seluruh siswa kelas 7 yang ikut agar bisa terbangun jiwanya lebih mandiri, dewasa, disiplin, tanggung jawab. Dengan demikian hal ini menumbuhkan jiwa yang sehat, raga yang kuat, pikiran yang positif sehingga menuju kehidupan yang bahagia," tutupnya.

Kontributor : M. Qomaruddin

Editor : Haji Arif Arofah