Kolaborasi Program P5-PPRA, Siswa MTsN 1 Kota Cirebon Jalani Kemah Alih Golongan

SHARE

Sukapura (HUMAS Kota Cirebon) 

Para siswa kelas 7 MTsN 1 Kota Cirebon berkumpul di lapangan madrasah pada Rabu (9/10)2024). Mereka mengenakan seragam cokelat pramuka dan membawa tas berisi tas baju dan perlengkapan berkemah. Ahmad Najib selaku pembina pramuka mengatakan bahwa momen ini berkenaan dengan persiapan pemberangkatan siswa pramuka dalam kegiatan Kemah Alih Golongan Ambalan RE. Martadinata dan Dewi Sartika. 

"Hari ini, semua pramuka penggalang ramu kelas 7 dijadwalkan berangkat menuju Sidomba. Kami akan melaksanakan kegiatan Kemah Alih Golongan selama dua hari di sana," ucapnya. 

Berbeda dengan kemah biasanya, kegiatan kali ini merupakan gabungan dari implementasi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA) dengan tema Bangunlah jiwa dan Raganya. Program ini dilaksanakan secara bersama-sama agar dapat menambah keceriaan siswa pada kegiatan, dan meningkatkan pembiasaan siswa terkait budaya positif terhadap lingkungannya. 

Sulastri, selaku wakil kepala bidang kurikulum, mengemukakan alasan dari penggabungan dua kegiatan ini. Dikatakannya langkah kolaboratif dilakukan agar program yang dijalankan lembaga madrasahnya dapat saling mendukung satu sama lain.

"Dua program ini kami jalankan aecara kolaboratif agar peserta didik dapat mengagungi dan mensyukuri ciptaan Allah sehingga mereka dapat melihat, merasakan dan mengambil hikmah dari aktivitas yang dilaksanakan di alam terbuka," ucapnya. 

Sulastri pun mengatakan bahwa hal ini dilaksanakan terutama dalam rangka memupuk motivasi agar jiwa dan raga para peserta didik dapat bangkit untuk melaksanakan segala hal positif. Dirinya berharap, kolaborasi antar bidang dapat senantiasa dijalankan untuk menambah harmonisasi serta kekompakan siswa, demi mencapai tujuan madrasah yang unggul, cerdas, dan mendunia. 

Kontributor : M. Qomaruddin

Editor : Haji Arif Arofah