Rapat Panitia Persiapan Ibadah Haji : Kemenag Kota Cirebon lakukan diskusi intensif

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Jamaah Haji Kota Cirebon tahun 1445 H /2024 M  akan tergabung dalam kloter 15 KJT dengan total 410 jamaah yang terdiri dari 402 jamaah haji dan 8 petugas. Pemberangkatan dijadwalkan pada Sabtu, 25 Mei 2024 dari Bandara Kertajati dengan menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlanes No Pesawat SV 5181.

Dalam rapat panitia persiapan ibadah haji yang dipimpin oleh Kepala Kantor, H. Moh. Khuailid, dibahas berbagai langkah konkret guna memastikan keberangkatan jamaah haji Kota Cirebon berjalan lancar dan aman. Senin (13/05/2023) 

Rapat digelar di Aula Kantor Kemenag Kota Cirebon yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait, Dalam sambutannya, H. Moh. Khuailid menegaskan bahwa perlu keseriusan ekstra dalam menghadapi jamaah yang didominasi oleh lansia ini, meskipun telah melewati istitha'ah, Komitmen dari seluruh panitia diperlukan untuk menjaga kesejahteraan dan keamanan jamaah," ujarnya.

Asisten Daerah Kota Cirebon, Sutiko menambahkan, "Dinamika permasalahan yang berbeda untuk tahun ini menuntut kita untuk lebih siap dalam segala aspek, khususnya terkait pemberangkatan dan keteraturan jamaah."

Dalam rapat ini, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hj.Rokhiyatun, menekankan pentingnya pengaturan kendaraan yang masuk ke lokasi keberangkatan. "Hanya mobil yang dilengkapi dengan stiker khusus yang diperbolehkan masuk. Panitia harus sudah berada di Makorem jam 3 pagi," tegasnya.

Adapun nantinya, Jamah haji akan berangkat dari titik kumpul di Makorem Kota Cirebon pada Jumat, 24 Mei 2024 dini hari menuju Asrana Haji Embarkasi Indramayu terlebih dahulu.

untuk jamaah lansia, disepakati bahwa mereka akan ditempatkan di lantai bawah dan diprioritaskan untuk pengguna kursi roda. Kesehatan jamaah juga menjadi perhatian utama, dengan pembagian daftar obat yang harus dibawa oleh masing-masing jamaah. Jamaah wanita juga diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan urin H-7 sebelum keberangkatan.

Dishub Kota Cirebon juga turut berperan dengan mengatur kelancaran kendaraan. "Sertakan sertifikat kendaraan saat masuk ke lokasi keberangkatan," pesan mereka.

Rapat ini menunjukkan komitmen tinggi dari seluruh pihak terkait untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan jamaah haji Kota Cirebon. Dengan kerja keras dan koordinasi yang baik, diharapkan ibadah haji tahun ini dapat berjalan lancar dan nyaman bagi seluruh jamaah.

 

Kontributor : Riani K