Sumpah Pemuda Momentum bagi Pemuda Bangkit Bergerak

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Jum'at pagi (28/10), aparatur sipil negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di lapangan kantor. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli sebagai pembina upacara. 
Saefuddin mengatakan bahwa Sumpah pemuda merupakan salah satu hari penting untuk diperingati. Hari ini adalah momentum bagi para pemuda bangsa untuk bangkit bergerak. 

"Sumpah Pemuda adalah salah satu momen penting untuk diperingati. Setiap hari bersejarah selaku menyimpan hikmah, termasuk Sumpah Pemuda. Pada hari ini, 94 tahun yang lalu para pemuda memproklamirkan diri sebagai satu Indonesia. Ini adalah momentum bagi para pemuda bangsa untuk bangkit bergerak," ucapnya. 

Saefuddin menambahkan bahwa pada saat ini kemerdekaan telah dicapai. Namun perjuangan tetap dilaksanakan dalam bentuk yang berragam. 

"Kemerdekaan yang dicapai pada tahun 1945 adalah bagian dari ikhtiar para pemuda sejak tahun 1928. Saat ini, kemerdekaan telah diraih.  Kemerdekaan yang kita nikmati ini telah diperjuangkan secara luar biasa oleh para pemuda. Caranya adalah dengan bersatu berjuang, dan menanggalkan ego masing-masing."

Saefuddin mengungkapkan, jika para pemuda bekerja dan berjuang  mengandalkan ego masing-masing, tujuan akan mustahil tercapai. 

"Berkaca pada peristiwa sumpah pemuda, mereka sadar perjuangan tidak dapat dicapai dengan mengandalkan ego masing-masing. Mereka pun berjuang bersama, mengangkat sumpah untuk satu kesatuan Indonesia."

Kontributor : Haji Arif Arofah