Songsong Ukin dan UP, Peserta PPG Diberi Pembekalan

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)
 

Sebagai bentuk dukungan dan perhatian kepada peserta PPG yang akan mengikuti test lanjutan, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon melalui Seksi Pais memberikan pembekalan kepada 15 GPAI yang akan mengikuti Ukin (Uji Kinerja) dan UP (Uji Pengetahuan).

Muchamad Nidzom S.Ag,M.Pd.I selaku ketua Pokjawas sekaligus mewakili Plt.Kasi PAIS membuka acara yang digelar di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Rabu (12/07/2022).

“Persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin, mengingat pada pelaksanaannya bapak/ibu tidak didampingi oleh siapapun. Tetap semangat sampai dinyatakan lulus dan tentu saja dibarengi dengan doa. Mudah-mudahan di tahun mendatang sudah resmi menjadi guru professional,” Ungkap Nidzom.

Ia pun berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak mempercayai apabila ada oknum yang menjanjikan kelulusan. Pada akhir sambutan, dirinya mengajak untuk berdoa agar para peserta dapat melalui ujian ini dengan baik seraya mendoakan agar GPAI yang belum terpanggil PPG dapat segera terpanggil dan mendapatkan kesempatan yang sama.

Sementara itu, hadir sebagai Narasumber, Aisyah S.Pd.I, M.Pd yang merupakan pengawas PAI memberikan penjabaran guna memastikan kesiapan dari peserta, baik itu persiapan teknis maupun non teknis.

“Pelaksanaan PPG tahun lalu menghasilkan banyak cerita, jangan sampai gagal karena tidak bisa mengelola waktu atau menyepelekan hal kecil. Alangkah bijaknya jika kita mengikuti setiap rangkaian proses PPG ini dengan maksimal. Sembari mempersiapkan sedari awal”, pesannya.

 Menurut Aisyah, ada hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi Ujian ini, seperti persiapan mental, fisik, dan juga doa. Ditambah pelajari kisi-kisi soal dan juga kerjakan latihan-latihan soal.

Ukin dan UP sendiri merupakan rangkaian akhir dari PPG. Ukin (Uji Kinerja) merupakan ujian praktik pembelajaran dan fortopolio. Uji praktik pembelajaran meliputi ujian persiapan berupa RPP dan praktik pembelajaran. Sedangkan uji fortopolio merupakan uji berkaitan dengan dokumen yang mencakup pengembangan diri, penelitian, refleksi diri, pencarian informasi dan karya inovasi. Sementara  UP (Ujian pengetahuan) adalah tantangan terakhir untuk dapat lulus memperoleh sertifikat pendidik.

 

Kontributor : Riani K