Kemenag Kota Cirebon Dukung Percepatan Penurunan Stunting Melalui Bimwin

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Stunting merupakan salah satu isu yang menjadi perhatian serius pemerintah Republik Indonesia, tak terkecuali Kementetian Agama. Berkenaan dengan ini, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon menjalani rapat koordinasi percepatan penurunan stunting bersama lembaga pemerintahan, organisasi kemasyarakatan, serta tokoh lintas agama di aula Kantor DP3APPKB Kota Cirebon (11/9/2024). Pada rapat yang digelar oleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon tersebut, Kemenag Kota Cirebon menyampaikan komitmen untuk bereran serta dalam penurunan angka stunting, salah satunya melalui program bimbingan perkawinan (bimwin). 

"Kemenag Kota Cirebon melaksanaka upaya pencegahan stunting,yang salah satunya melalui bimwin. Hal ini sudah berjalan dalam beberapa waktu ini, dan insyaallah akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan," ucap H. TB. Agus Hidayat, selaku Plt. Kepala Seksi Bimas Islam, yang mewakili Kankemenag Kota Cirebon pada rapat koordinasi tersebut. 

Disampaikannya bahwa bimwin menjadi salah satu program unggulan Kemenag Kota Cirebon lantaran bimbingan tersebut dilakukan kepada calon pengantin. Melalui bimbingan ini, para calon pengantin diajak untuk merencanakan kehidupan berrumah tangganya secara lebih baik. Calon pengantin dimotivasi bahwa gizi yang seimbang harus diperhatikan sejak dini agar kebutuhan nutrisi keluarga, utamanya bagi calon ibu dan calon bayi, dapat terpenuhi. 

Sebagai informasi, penanganan stunting didasarkan pada 5 pilar pencegahan stunting sebagaimana termaktub dalam dokumen strategi nasional. Kelima pilar tersebut, yakni (1) Komitmen dan Visi Kepemimpinan, (2) Kampanye Nasional dan Perubahan Perilaku, (3) Konvergensi Program Pusat, Daerah dan Desa, (4) Ketahanan Pangan dan Gizi, dan (5) Pemantauan dan Evaluasi. Adapun rakor dilaksanakan berkenaan dengan pilar kedua, yang meliputi upaya peningkatan komunikaai perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat. Melalui rakor diharapkan terwujud kesamaan gerak yang kian padu dalam menciptakan perilaku positif masyarakat yang dapat menurunkan angka stunting di Kota Cirebon. 

Kontributor : Haji Arif Arofah/Catur Widyaningsih