Siswa MAN 2 Kota Cirebon Dibekali Cara Cerdas Manfaatkan Hak Suara Wujudkan Demokrasi Pancasila

SHARE

Majasem (HUMAS Kota Cirebon) 

Siswa MAN 2 Kota Cirebon berkumpul di lapangan madrasah pada Rabu (11/9/2024) guna menjalani pembekalan tentang pentingnya menggunakan hak pilih. Kegiatan dilangsungkan berkenaan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil'alaamin (P5RA) dengan tajuk "Aku Berhak Bersuara Wujudkan Demokrasi Pancasila".

Wakil Kepala Madrassh (Wakamad) Bidang Kurikulum Hj. Susi Endang Sributsiati mengatakan bahwa kegiatan P5RA ini digelar aecara massal sebagai bentuk pengenalan tentang demokrasi Pancasila yang diterapkan dan dikenalkan sejak dini kepada seluruh siswa. Terlebih, dalam waktu dekat, para siswa akan menjalani momen pemilihan ketua OSIS yang baru. 

"Insyaallah pada 19 September nanti akan dilaksanakan pemilihan ketua OSIS yang baru. Ada tiga pasang kandidat yang mencalonkan siri pada pemilihan ini. Kegiatan P5RA ini kami gelar sebagai penguatan betapa pentingnya memanfaatkan hak suara kita dalam menentukan arah demokrasi," ucapnya. 

Ditambahkannya bahwa kegiatan dilaksanakan sebagai pembekalan bagi para siswa tentang cara cerdas dan bijak dalam memilih calon pemimpin. Apalagi sebagian dari para siswa akan menjadi pemilih pemula dalam perta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) dalam waktu dekat. 

"Dengan pembekalan ini, siswa dapat memahami cara memilih calon pemimpinnya, baik dalam lingkup OSIS maupun lingkup yang lebih luas. Misalnya saja dengan cara memperhatikan visi-misi maupun track record para kandidat," ucapnya. 

Susi mengungkapkan bahwa kegiatan dijadwalkan berlangsung selama dua pekan. Untuk semakin menambah wawasan siswa, pihak madrasah pun mengundang tokoh anggota Dewan DPRD Kabupaten Cirebon Nova Fikrotushofitah. Pada momen ini, Nova menyampaikan tetkait peran penting legislatif dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia. 

Kontributor : Haji Arif Arofah/Sutriyati