MTs Salafiyah Kota Cirebon Gelar ANBK 2024 Selama Dua Hari

SHARE

MTs Salafiyah Kota Cirebon sukses menyelenggarakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2024. Kegiatan penting ini berlangsung selama dua hari, pada 9-10 September 2024, seiring dengan pelaksanaan ANBK Gelombang 1 tingkat SLTP di seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu madrasah yang mengedepankan penerapan teknologi dalam proses pendidikan, MTs Salafiyah Kota Cirebon menunjukkan komitmen tinggi dalam memastikan keberhasilan asesmen ini. Kepala MTs Salafiyah Kota Cirebon Hj. Uul Ulfiyah pada Selasa (10/9/2024) mengatakan bahwa pelaksanaan ANBK bertujuan untuk mengukur kompetensi literasi dan numerasi siswa, serta mengukur kesiapan mereka dalam menghadapi era pendidikan digital yang semakin dinamis. Dikatakannya bahwa madrasah yang dipimpinnya telah melakukan persiapan secara matang guna menjalani ANBK. 

“Kami telah melakukan persiapan matang, mulai dari simulasi, gladi bersih, hingga pengecekan perangkat dan jaringan. Alhamdulillah, seluruh rangkaian kagiatan ANBK berjalan dengan lancar,” ujarnya

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan ANBK. “Dukungan teknis dan operasional yang telah kami rancang dengan baik membuahkan hasil. Semua perangkat berfungsi sesuai harapan, dan para siswa dapat mengikuti asesmen tanpa kendala berarti,” tambahnya.

Di sisi lain, Hermes Aura Azkiya, selaku Proktor ANBK, menyampaikan dirinya bersyukur seluruh sistem dan perangkat komputer yang digunakan dalam ANBK berjalan dengan optimal. “Kami melakukan pemantauan menyeluruh, mulai dari proses login hingga pengisian jawaban oleh peserta. Evaluasi teknis yang dilakukan selama gladi bersih sangat membantu kelancaran asesmen hari ini,” jelas Hermes.

Pada momen ini, Uul menyampaikan bahwa seluruh tenaga pendidik dna tenaga kependidikan MTs Salafiyah Kota Cirebon berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif di dunia pendidikan, terutama di lingkungan madrasah. Hal ini salah satunya diwujudkan melalui penyelenggaraan ANBK yang dilakukan secara optimal. Dukungan penuh dari pengurus Yayasan Salafiyah dan kesiapan tim teknis pun turut menjadi faktor yang mendukung kesuksesan. 

Dengan terselenggaranya ANBK 2024 ini, MTs Salafiyah berharap hasil asesmen dapat memberikan gambaran akurat mengenai kemampuan siswa. Hal ini akan menjadi dasar untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga madrasah ini dapat terus berkembang di masa depan. 

Kontributor : Abah Ghoni

Editor : Haji Arif Arofah