Kemenag Kota Cirebon dan BAN PDM Teken MoU Tingkatkan Akreditasi Madrasah

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon meneken memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN PDM). MoU diteken di aula kantor pada Selasa siang (17/9/2024) disaksikan oleh perwakilan dari raudlatul athfal, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah, dan pengawas madrasah. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon mengatakan bahwa penandatanganan MoU menandai berjalannya ikhtiar bersama muna meningkatkan kualitas madrasah melalui akreditasi. Ikhtiar ini dilakukan dalam bentuk kemitraan guna mengukur sejauh mana peningkatan kualitas telah dilaksanakan. 

"Akretasi adalah momentum emas untuk melakukan upaya perbaikan dari kualitas pendidikan. Melalui akreditasi, kita menjadi paham apa yg perlu ditingkatkan. Dengan demikian kita dapat mengukur dan merancang upaya apa saja untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan," ucapnya. 

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Jajang Badruzaman. Disampaikannya kemitraan dwngan BAN PDM dilakukan untuk meningkatkan daya saing madrasah-madrasah di Kota Cirebon di tengah persaingan lembaga pendidikan Indonesia menjadi terbaik dan terdepan. Oleh karenanya, dirinya membawa serta ketua kelompok kerja RA, MI, MTs, MA, serta pengawas madrasah untuk turut hadir pada momen penting ini. 

Sementara itu, Sekretaris BAN PDM Chandra Taufik Hidayat mengatakan bahwa kemitraan yang dibangun bersama Kankemenag Kota Cirebon bersifat pilot project. Sejumlah madrasah akan dipilih sebagai sampel dalam program kemitraan ini. 

"Kemitraan dilakukan sebagai tindak lanjut hasil evaluasi dari akreditaai sebelumnya. Pada tahun lalu, MA Salafiyah dari Kota Cirebon berhasil menjadi juara 3 sebagai madrasah akreditasi terbaik. Tahun ini, diharapkan Kota Cirebon kembali menunjukkan kinerja yang baik di tingkat Jawa Barat, bahkan mengungguli kualitas madrasah tahun lalu," ucapnya. 

Pada kesempatan ini, Chandra pun mengapresiasi kinerja madrasah di lingkup kerja Kankemenag Kota Cirebon yang tergolong stabil. Dirinya berharap dapat memotret pengendalian mutu madrasah di kota wali ini, dan menjadi langkah positif bagi seluruh madrasah Kota Cirebon dalam meraih prestasi yang semakin tinggi.

Kontributor : Haji Arif Arofah