Siswa Kelas 12 MAN 2 Kota Cirebon Ikuti Program Praktik Kerja Lapangan

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

MAN 2 Kota Cirebon merupakan madrasah aliyah berbasis keterampilan, mengacu pada SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2851 Tahun 2020. Selain mendapatkan pelajaran reguler, siswa MAN 2 Kota Cirebon mendapatkan tiga jenis bekal keterampilan, yakni bidang otomotif sepeda motor, tata boga, dan kriya kayu/rotan.

Untuk memantapkan bekal yang diterima siswa, MAN 2 Kota Cirebon bekerja sama dengan sejumlah perusahaan dalam menggelar program praktik kerja lapangan (PKL).

"Praktik ini dilaksanakan bagi kelas 12 tahun pelajaran 2022/2023 yang dilaksanakan selama libur sekolah. Jadi selama libur sekolah, siswa dapat memanfaatkan liburannya sambil mencoba mempraktikkan ilmu yg didapat di madrasah ke dunia industri/perusahaan," ungkap Kepala MAN 2 Kota Cirebon Muhaemin pada Kamis (15/12).

Ada sebanyak 68 perusahaan yang menjadi mitra program ini, berlokasi di Cirebon dan sekitarnya. Siswa berketerampilan otomotif akan berpraktik di perusahan otomotif, sementara siswa berketerampilan tata boga akan berpraktik di perusahaan usaha kuliner, kafe dan hotel. Adapun siswa berketerampilan kriya kayu/rotan akan berpraktik di perusahaan meubeler dan percetakan untuk siswa keterampilan kriya kayu dan rotan.

Pada Rabu (14/12), MAN 2 Kota Cirebon menggelar seremoni pelepasan keberangkatan ke-253 siswa yang mengikuti program ini.

"Kami berharap, melalui program ini, dapat ditumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan para siswa MAN 2 Kota Cirebon," Pungkas Muhaemin.

Kontributor : Haji Arif Arofah