Ribuan Santri dan Masyarakat Kota Cirebon Ramaikan Kirab Santri HSN 2022

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober bukanlah milik santri semata, melainkan juga masyarakat dari segala latar belakang. Ini terlihat dari meriahnya kirab santri yang dilaksanakan si jalan raya Kota Cirebon pada Sabtu (22/10). 

Kirab santri dilaksanakan usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kota Cirebon yang dikonsentrasikan di lapangan Kota Cirebon. 

Wali Kota Cirebon H. Nashrudin Azis tampil sebagai inspektur upacara. Dirinya menyampaikan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qoumas. 
Dikutipnya satu ucapan Gus Yaqut tentang hari santri milik seluruh rakyat Indonesia. 

"Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia," ucapnya. 

Usai upacara, 350 peserta upacara bergabung dengan 700 peserta kirab lain yang telah berbaris rapi di Jalan Siliwangi. Para santri dari berbagai pondok pesantren se-Kota Cirebon pun bergabung dengan berbagai unsur organisasi masyarakat, seperti PCNU Kota Cirebon dan Laskar Agung Macan Ali dari Kesultanan Cirebon. 

Pelepasan kirab dilaksanakan oleh Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti Herawati bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddun Jazuli dan Sekretaris Daerah Agus Mulyadi. 
Agus Mulyadi berpesan agar peserta kirab berjalan tertib selama kegiatan. Lalu bendera pelepasan dikibarkan. Ribuan peserta kirab pun melakukan long march dengan rute Jl. Siliwangi - Jl. Karanggetas - Jl. Bahagia - Jl. Merdeka - Masjid Sang Ciptarasa. 
Masjid Sang Ciptarasa berasa di kompleks Keraton Kasepuhan. Di tempat tersebut, para peserta kirab mengikuti kegiatan doa bersama bagi keselamatan bangsa. 

Kontributor : Haji Arif Arofah.