Persiapkan Kuota Tambahan, Kemenag Kota Cirebon Sampaikan Materi Perjalanan Ibadah Haji

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Adanya tambahan kuota Haji tahun 1444 H disikapi dengan cepat oleh Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon. Melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), sebanyak 26 Jamaah Haji diberikan pembekalan pada Kamis, (15/06/2023). Tujuan manasik ini agar jemaah haji yang berniat menunaikan ibadah dapat melaksanakannya dengan tertib, sah, dan aman.

Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon,salah satu materi yang disampaikan adalah gambaran mengenai perjalanan ibadah haji yang disampaikan oleh Kasubbag TU Kankemenag Kota Cirebon, Slamet,S.Ag.

"Kondisi cuaca disana mencapai 40 derajat celcius, Kami wanti-wanti untuk menjaga kesehatan, " pesannya.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan agar Jemaah dapat menjalankan ibadah dengan sempurna. Karena ibadah haji bukan hanya ibadah ruhiyah tp juga jasmaniyah.

"Ingat untuk tidak berkata kotor, tidak pantas dan tidak bermanfaat, intinya, jaga lisan,” tambahnya

Dalam kesempatan tersebut, diberikan pula pembelajaran praktik manasik, mulai dari rangkaian ibadah umrah meliputi tawaf dan sa’i dan rangkaian ibadah haji yang meliputi wukuf, mabit di Muzdalifah, mabit (berhenti) di Mina, melontarkan jumrah, tawaf, sa’i dan tahalul.

Rencananya, Jemaah haji kuota tambahan ini akan berangkat pada tanggal 22 Juni 2023 ke Embarkasi haji Indramayu untuk terbang melalui Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati.

 

Kontributor : Riani K