Peragaan Manasik Haji Massal bagi Siswa RA Tanamkan Sabar dan Tawakkal

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kota Cirebon menggelar peragaan manasik haji massal bagi siswa RA. Sebanyak 1.500 siswa dari 47 RA se-Kota Cirebon meramaikan kegiatan yang digelar di lapangan Arhanudse pada Kamis (20/10). 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli berkesempatan membuka acara. Dirinya mengaku gembira atas semangat para siswa RA mengikuti kegiatan ini, terlebih peragaan manasik haji memiliki nilai positif bagi siswa. 

"Peragaan manasik haji memiliki nilai positif bagi anak-anak RA. Jika sebelumnya telah diperkenalkan dengan syahadat, shalat, zakat, dan puasa, kini anak-anak diperkenalkan dengan ibadah haji. Dengan demikian pengetahuan dan pemahaman mereka tentang Rukun Islam dapat diberikan secara lengkap," ucapnya. 

Saefuddin juga mengatakan bahwa ibadah haji menyimpan hikmah dan pelajaran yang berharga, yakni kesabaran dan tawakkal. 

"Dalam rangkaian ibadah haji selalu ada makna dan pelajaran yang harus kita petik, seperti tentang bersabar dan tawakal. Sikap ini perlu ditanamkan sejak dini agar kelak dapat tercetak generasi-generasi berakhlakul karimah," lanjutnya. 

Peragaan manasik haji massal tingkat RS se-Kota Cirebon ini dilaksanakan berkenaan dengan peringatan ulang tahun ke-20 IGRA dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengenalkan praktik-praktik ibadah apa saja yang dilaksanakan pada saat berhaji. Melalui pengenalan praktik ini, pemahaman siswa terhadap ibadah diharapkan dapat lebih mudah dikuasai. 

Kontributor : Haji Arif Arofah