Pendamping Halal : Insyaallah Pekalangan Sentra Bakmi Halal

SHARE

Pekalipan (HUMAS Kota Cirebon) 

Jalan Pekalangan Kota Cirebon identik di masa lampau identik dengan situs pedati gede, yang menjadi salah satu tujuan wisata budaya di kota ini. Di era modern ini, Pekalangan memiliki predikat baru sebagai sentra kuliner bakmi atau mie ayam. Tempat makan yang menghidangkan makanan berbasis mie itu banyak terdapat di sini. Tentunya, destinasi kuliner ini akan semakin menjanjikan jika dibarengi dengan terjaminnya makanan dari segi kehalalan. 

"Alhamdulillah hal tersebut dapat diwujudkan, dan boleh dikatakan Pekalangan sebagai sentra bakmi halal," ucap Taufik Akmaluddin, pendamping halal Kota Cirebon di kawasan Pekalangan pada Selasa (25/7/23).

Taufik mengatakan bahwa dirinya bersama rekan pendamping halal Kota Cirebon lainnya berkomitmen untuk membantu para pelaku usaha mendapatkan sertifikat halal bagi produknya. Salah satu lokasi yang menjadi titik tugasnya yakni kawasan Pekalangan. 

"Di kawasan ini ada banyak tempat makan bakmi atau mie ayam yang kami proses halalnya. Alhamdulillah semua antusias dan sangat mendukung program sertifikasi halal yang digaungkan oleh pemerintah," tambah sosok penyuluh agama Islam non PNS tersebut. 

Yoseph, owner dari Bakmi Nyonya, merupakan salah satu pelaku usaha bakmi di Pekalangan yang mendaftarkan produknya untuk disertifikasi halal. Dirinya mengaku senang tatkala sertifikat dari produk bakmi ayamnya terbit usai diproses selama 12 hari kerja. 

"Sertifikasi halal menurut saya perlu dimiliki untuk memberikan jaminan yang lebih pasti kepada pelanggan. Di samping itu, kami pun ingin menunjukkan komitmen bahwa kami menggunakan bahan-bahan yang halal untuk produk usaha kami," ucapnya. 

Dirinya pun mengaku senang kala mengetahui proses sertifikasi halal ternyata begitu mudah dan cepat. Terlebih, proses sertifikasi ini turut membantu mewujudkan idealismenya dalam menyuguhkan produk makanan yang sehat, tanpa pengawet, dan halal. 

Kontributor : Haji Arif Arofah