Operator KUA se-Kota Cirebon Bedah Aplikasi SIMKAH Gen 4

SHARE

Pekalipan (HUMAS Kota Cirebon)

Sistem Informasi Manajemen Nikah atau biasa disingkat SIMKAH merupakan aplikasi andalan Kementerian Agama dalam melayani urusan pernikahan berbasis teknologi. Dewasa ini, SIMKAH mengalami pengembangan baru yang disebut SIMKAH Generasi (Gen) 4. Guna mempercepat penguasaan aplikasi baru ini, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon melalui Seksi Bimas Islam menggelar bimbingan teknis (bimtek) SIMKAH Gen. 4.

Bimtek dilaksanakan di KUA Pekalipan pada Senin (17/10), dan diikuti oleh operator SIMKAH dari lima kecamatan di Kota Cirebon.

Kepala Subbagian Tata Usaha Slamet, S.Ag. menyebutkan bahwa bimtek dilaksanakan agar KUA dapat menjaga performa dalam pelayanan umat berbasis teknologi.

"Pada zaman sekarang, transformasi digital adalah keharusan. Jadi, ketika ada kebijakan tentang penggunaan aplikasi baru, kita jaga performa dalam hal pelayanan umat berbasis teknologi. Dan karena ini aplikasi baru,  kita jemput bola tentang cara penguasaannya," ucapnya.

Pada bimtek ini dihadirkan narasumber dari Bidang Urais Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, yakni Saeful Falah.

 

Saeful Falah menyebutkan bahwa SIMKAH Gen. 4 merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya.

"SIMKAH Gen 4 ini merupakan ikhtiar bersama untuk menyempurnakan SIMKAH generasi sebelumnya. Adapun secara teknis, berhubung ini aplikasi baru, tentu diperlukan tahap adaptasi. Melalui bimtek hari ini, kita bedah sama-sama apa saja yang ada dalam SIMKAH yang baru," ucapnya.

Bimtek dilaksanakan dalam kurun waktu setengah hari. Pada momen ini, para operator berkesempatan untuk mengoperasikan SIMKAH Gen 4 seraya dibimbing oleh sang narasumber. Suasana berlangsung dinamis manakala peserta bimtek melontarkan pertanyaan jika ada hal yang tidak dimengertinya. Semoga asa yang hendak dicapai dalam pemanfaatan SIMKAH Gen 4 dapat segera terrealisasi.

Kontributor : Haji Arif Arofah