Mid September 2021, Pendaftar Haji Kota Cirebon Capai 7202 Orang

--

Jl. Terusan Pemuda (By-Pass) (INMAS Kota Cirebon).

Pada pertengahan September tahun ini, sebanyak 7202 orang tercatat mendaftarkan diri sebagai calon haji Kota Cirebon, dengan estimasi keberangkatan 20 tahun. Ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Dr. H. Moh. Ahsan, M.Ag. pada kegiatan Sosialisasi Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 di Attaqwa Center (15/9).

Hal ini menunjukkan animo masyarakat untuk mengunjungi Baitullah tetap tinggi. Kendati demikian, masyarakat diharapkan untuk tetap bersabar mengingat pandemi covid-19 masih berlangsung.

Sebagaimana diketahui, pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jemaah haji tahun ini lantaran pandemi. Namun publik dan calon haji tetap dapat memperoleh haknya mendapatkan informasi seputar haji, salah satunya melalui sosialisasi yang dihelat oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kankemenag Kota Cirebon ini.

Hj. Rokhyatun, M.Ag., kepala Seksi PHU Kankemenag Kota Cirebon, menyebutkan bahwa publik berhak tahu informasi haji terkini, dan memahami kebijakan-kebijakan pemerintah terkait haji. Karenanya, seksi yang dipimpinya menggelar kegiatan sosialisasi dengan menyasar target audiens calon haji, penghulu, penyuluh agama Islam, dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU).

“Sosialisasi ini kita laksanakan dalam rangka  memberikan informasi terkini tentang haji, sekaligus juga memberikan pemahaman kepada calon haji 2021 yang belum diberangkatkan," ungkapnya.

Sejumlah narasumber dihadirkan pada kegiatan ini, yakni Kepala Kankemenag Kota Cirebon Dr. H. Moh. Ahsan, M.Ag., Kepala Subbagian Tata Usaha H. Slamet, S.Ag., Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Dr. H. Edy Sugiarto, M.Kes., dan Ketua FKBIH Kota Cirebon Drs. H. Moh. Sayuti.

Hadirin disuguhkan informasi atas sejumlah hal penting, di antaranya latar belakang penerbitan KMA 660 tahun 2021 terkait pembatalan pemberangkatan jemaah haji Indonesia Tahun 2021; prosedur pengembalian dana pelunasan haji; informasi terkini pandemi di dunia, khususnya Indonesia dan Arab Saudi; serta dukungan moril agar selalu optimis dalam menjemput rindu untuk segera menapakkan langkah di Baitullah.

Semoga dunia lekas pulih dari pandemi, dan jemaah haji dapat kembali mengunjungi Baitullah tahun depan. Aamiin.

Kontributor : Haji Arif Arofah