Melihat Lebih Dekat Workshop Tata Busana dan Otomotif MAN 1 Kota Cirebon

SHARE

Sukapura (HUMAS Kota Cirebon) 

Salah satu identitas MAN 1 Kota Cirebon adalah madrasah yang berlokasi di kawasan Pilang ini merupakan madrasah keterampilan.
Selain pelajaran reguler, para siswanya diberi pembekalan keterampilan, melalui workshop jahit/tata busana, otomotif sepeda motor, dan multimedia. Workshop ini sifatnya wajib diikuti oleh para siswa. 

"Para siswa dapat mengikuti workshop mana pun. Jika mereka kesulitan untuk memilih, mereka dapat mengikuti psikotes terlebih dahulu untuk mengetahui minat dan bakatnya," ucap Kepala MAN 1 Kota Cirebon Usmadi dalam lawatan Kepala Kankemenag Kota Cirebon Saefuddin Jazuli ke madrasah tersebut (13/10). 

Hari ini (26/10), Saefuddin kembali berkunjung ke MAN 1 Kota Cirebon dan berkesempatan untuk melihat lebih dekat proses yang terjadi dalam ruang workshop tata busana dan otomotif. 
Di ruang tata busana yang berada di lantai atas, para siswa yang didominasi kaum hawa tampak asik membuat desain, mengukur dan menggunting bahan, menjahit, dan menyeterika bahan yang sudah menjadi baju. 
Saefuddin tampak kagum melihat beberapa potong kain yang telah sempurna disulap menjadi pakaian jadi. 

Di lantai bawah, mantan kepala Seksi Pendidikan Madrasah  (Penmad) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon tersebut mengunjungi workshop otomotif dengan spesialisasi sepeda motor. Dua orang siswa yang didominasi kaum adam tampak sibuk mengoprek mesin didampingi oleh mentor, sementara sisanya mengamati apa yang dilakukan oleh kedua siswa tersebut. 

Saefuddin sempat menjajal mesin hidrolik yang terdapat di situ. Cara kerjanya persis sekali seperti mesin hidrolik yang terdapat di bengkel-bengkel resmi. 

Usai berkunjung, Saefuddin menyampaikan rasa gembiranya. 

"Workshop seperti ini dapat memberikan keterampilan tambahan bagi siswa yang insyaallah berguna bagi mereka mengarungi kehidupan ini," ucapnya. 

Hal senada disampaikan oleh Kepala MAN 1 Kota Cirebon Usmadi. 

"Alhamdulillah berkat pelatihan ini, lulusan MAN 1 Kota Cirebon banyak diterima di perusahaan-perusahaan konveksi dan bidang lainnya. Semoga ini pun jadi jalan bagi mereka untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas," ucapnya menguntai asa. 

Kontributor : Haji Arif Arofah