LPTQ Kota Cirebon Bahas Strategi Pemenangan MTQ

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Cirebon menggelar rapat kerja di Attaqwa Center pada Rabu pagi (21/6/23). Rapat dihadiri oleh 100 peserta, yang berasal dari unsur Pemerintah Kota Cirebon, Kemenag Kota Cirebon, LPTQ tingkat kota dan kecamatan, serta para stakeholder seperti camat, lurah, dewan hakim, dan tamu undangan. Para rapat dibahas evaluasi pelaksanaan MTQ tahun 2022 dan strategi pemenangan MTQ edisi mendatang. 

KH. Badruzzaman selaku narasumber yang dihadirkan dari unsur LPTQ Jawa Barat mengatakan bahwa salah satu strategi yang dapat siterapkan yakni berkaitan dengan pembinaan jangka pendek dan jangka panjang. 

"Pembinaan dapat dilakukan dalam jangka pendek dan panjang. Jangka pendek dilakukan menjelang pelaksanaan MTQ, sedangkan jangka panjang dilaksanakan secara berkesinambungan terhadap MTQ-MTQ yang akan datang," ucapnya. 

Hal senada disampaikan oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Kankemenag Kota Cirebon H. Slamet, yang hadir memberikan sambutan. Dikatakannya bahwa LPTQ merupakan wadah yang tepat untuk mendesain program yang dapat meningkatkan kualitas kafilah MTQ Kota Cirebon. Ikhtiar ini akan memperoleh hasil yang maksimal dengan adanya dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. 

"LPTQ dapat membuat kantong-kantong pembinaan di berbagai tempat. Tentunya ini bukan tugas LPTQ semata. Seluruh lapisan masyarakat kota cirebon dapat turut bahu membahu menjadikan LPTQ tempat yang efektif sebagai laboratorium pembinaan kafilah MTQ Kota Cirebon," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua Harian LPTQ Kota Cirebon Ahmad Yani mengatakan bahwa raker dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh hasil evaluasi dan refleksi program yang telah dilakukan pada tahun 2022, termasuk pelaksanaan STQH Tingkat Provinsi Jabar yang telah dilangsungkan beberapa bulan lalu. Pada rapat ini, tiap-tiap unsur memberikan gagasan terbaiknya dalam menentukan arah kebijakan LPTQ guna menyukseskan program pembinaan dan peningkatan kualitas kafilah Kota Cirebon. 

Kontributor : Haji Arif Arofah