Kepala Kemenag Kota Cirebon Sambangi Siswa MI PGM yang Mengikuti ANBK

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat madrasah ibtidaiyah masih digelar pada hari ini (26/10). Sebanyak 458 siswa madrasah ibtidaiyah (MI) se-Kota Cirebon dijadwalkan menjalaninya. 

Berkaitan dengan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon menyambangi lokasi pelaksanaan ANBK bagi siswa MI Persatuan Guru Madrasah (PGM) Kota Cirebon di Jalan Pilang, Kota Cirebon. 

Ada 30 siswa MI PGM Kota Cirebon yang mengikuti asesmen, yang terbagi ke dalam dua sesi. Ketika Saefuddin datang, sebagian siswa telah selesai mengerjakan rangkaian soal yang tersaji di komputernya. Obrolan hangat pun terjadi, antara dirinya dengan siswa perempuan yang sudah selesai mengerjakan soal namun belum beranjak pulang. 

"Kenapa belum pulang?" tanyanya

"Menunggu seluruh teman selesai mengerjakan," jawabnya. 

Sontak Saefuddin pun memuji solidaritas kedisiplinan para siswa yang memilih untuk tetap tinggal menunggu temannya yang belum selesai tanpa menimbulkan keributan. 

Saefuddin  datang bersama Kepala Subbagian Tata Usaha Slamet, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Jajang Badruzzaman, dan Penyelenggara Zakat dan Wakaf Sholeh. 

Jajang selaku kepala seksi yang bersentuhan langsung dengan pendidikan formal madrasah ibtidaiyah mengatakan bahwa ANBK merupakan asesmen untuk mengetahui kemampuan madrasah secara keseluruhan. 

"ANBK adalah asesmen yang memotret madrasah untuk mengetahui kemampuan madrasah secara keseluruhan," ucapnya. 

Jajang menambahkan bahwa hasil ANBK nantinya diolah untuk memotret siswa, guru, dan lingkungan belajar sebagai langkah pemetaan keunggulan dan kelemahan madrasah. 

"Keunggulan itu tentunya akan terus dikembangkan, sedangkan kelemahan akan kita perbaiki," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah