Kepala Kemenag Kota Cirebon Pantau Madrasah yang Rawan Banjir

SHARE

MKejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Hujan deras mengguyur Kota Cirebon dalam dua hari ini, menimbulkan banjir di sejumlah titik. Berkenaan dengan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli melaksanakan pemantauan langsung madrasah yang rawan terdampak banjir pada Rabu pagi (26/10). 

Lokasi yang dituju adalah kawasan pendidikan di Jalan Pilang, Kecamatan Kejaksan. Genangan air tampak menyelimuti area amdrasah dengan tingkat ketinggian berbeda-beda. 

Usai melaksanakan pemantauan, Saefuddin menggelar rapat bersama Kepala MI PGM Kota Cirebon Ahmad Sujaenuddin, Kepala MTsN 1 Kota Cirebon Casita, dan Kepala MAN 1 Kota Cirebon Usmadi di MAN 1 Kota Cirebon. Pada saat itu hadir pula Subbagian Tata Usaha Slamet, Kepala Seksi Penmad Jajang Badruzzaman, dan Penyelenggara Zakat & Wakaf Sholeh yang turut melaksanakan pemantauan. 

"Permasalahan ini merupakan permasalahan bersama. Tiap-tiap pihak perlu duduk bersama memberikan pandangan dan pendapat agar diperoleh solusi terbaik," ucap Saefuddin.

Mantan Kepala Seksi Penmad Kabupaten Cirebon itu pun mengatakan bahwa solusi perlu dilaksanakan sesegera mungkin agar para guru dan siswa tak lagi cemas bila hujan deras kembali datang. Terlebih kawasan yang didiami ketiga madrasah tersebut berada di dalam cekungan, di mana kontur jalan raya lebih tinggi daripada kawasan sekitarnya. 

"Ada dua hal yang bisa kita lakukan, yakni langkah cepat tanggap, dan langkah jangka panjang," ucapnya. 

Dalam rapat ini, para pihak saling berdiskusi dan memberi gagasan. Lalu diputuskanlah untuk melaksanakan penyedotan air sebagai langkah cepat tanggap, dan memperkuat koordinasi dengan lembaga pemerintah terkait dengan pengelolaan tata ruang dan lainnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah