Kepala Kemenag Kota Cirebon : Organisasi Tak Ubahnya Keluarga

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organisasi adalah kesatuan yang terdiri atas bagian-bagian dalam perkumpulan untuk tujuan tertentu serta kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Mengacu pada pengertian ini, organisasi secara hakikat tak ubahnya sebuah keluarga.
Ini sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli pada momen pembinaan aparatur sipil negara (ASN) di aula kantor (19/12).

"Organisasi tak ubahnya sebuah keluarga. Semua menjalankan perannya masing-masing. Dalam contoh sederhana, seorang ayah berperan sebagai pencari nafkah dan penentu kebijakan. Seorang ibu berperan sebagai manajer dalam urusan rumah tangga. Dan anak berperan untuk belajar, membantu orang tua, dan menjalankan arahan dan bimbingan orangtua," ucapnya.

Hal sama berlaku dalam organisasi, di mana terdapat penentu kebijakan, penanggung jawab di bidang manajemen, dan pelaksana tugas. Kendati tiap-tiap elemen dalam organisasi memiliki tugas dan perannya masing-masing, pelaksanaan tugas dikerjakan secara tim. Hal yang sama berlaku dalam keluarga.

"Dalam keluarga, tiap-tiap anggota keluarga pasti memiliki karakternya masing-masing. Perbedaan karakter ini pada satu titik mungkin akan dihadapkan pada benturan atau friksi. Hal semacam ini tak terhindarkan. Namun dengan friksi ini, seluruh anggota pada akhirnya belajar untuk saling menghormati dan menghargai, agar tujuan dan cita-cita luhur yang ingin dicapai bersama-sama dapat tercapai," ungkapnya.

Karenanya Saefuddin mengimbau agar ASN Kemenag Kota Cirebon sebagai bagian dalam organisasi yang menjalankan tugas dan fungsinya dalam pelayanan keagamaan di Kota Cirebon untuk senantiasa membesarkan organisasi ini selayaknya sebuah keluarga. Adapun tujuan dari hal ini adalah saling bergotong royong dan bahu membahu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kontributor : Haji Arif Arofah