Kepala Kemenag Kota Cirebon : Niat Ibadah Memberi Nilai Tambah

SHARE

Jl. Terusan Pemuda (By-Pass) (INMAS Kota Cirebon)

Gerimis yang turun pagi ini (17/6) tak menyurutkan tekad aparatur sipil negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon untuk melaksanakan upacara bendera di halaman kantor. Udara Cirebon yang biasanya panas pun menjadi sejuk.

Dalam kesejukan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H, Moh. Ahsan menyampaikan pesan tentang pentingnya menanamkan niat ibadah di setiap tugas yang dikerjakan.

“Sebagai ASN, kita memiliki tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Ketika melaksanakannya, kita niatkan sebagai ibadah. Dengan demikian, nilai pengabdian kita akan bertambah, bahkan semangat untuk melaksanakan tugas tersebut pun akan bertambah,” ucapnya.

Ahsan menyebutkan betapa niat dapat menambah nilai keutamaan aktivitas apa pun yang dilaksanakan. Dirinya mencontohkan aktivitas makan. Jika biasanya makan hanya dikaitkan dengan motivasi untuk menghilangkan lapar, maka nilainya akan bertambah jika diniatkan untuk memberi asupan energi dalam menjalankan ibadah.

Upacara bendera hari ini digelar mengacu pada Instruksi Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa yang baru rilis per tanggal 15 Juni 2021. Pada tanggal tersebut dirilis pula Surat Edaran Menteri Agama Nomor 12 Tahun 2021 yang mengatur tentang pakaian dinas harian pegawai ASN Kementerian Agama.  Moh. Ahsan menyampaikan amanat agar ASN Kemenag Kota Cirebon berperan aktif dalam melaksanakan kedua regulasi tersebut.

Kontributor : Haji Arif Arofah