Kemenang Kota Cirebon Songsong Kemandirian Pesantren

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Salah satu program prioritas Kementerian Agama Republik Indonesia, yakni kemandirian pesantren. Program ini digenjot dalam rangka meningkatkan kualitas pesantren sebagai basis ilmu keagamaan.

Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon melalui Seksi PD Pontren memiliki peran dalam menjalankan program dengan lokus kerja Kota Cirebon. Seksi PD Pontren sendiri memiliki cakupan tugas berkenaan dengan lembaga pendidikan non formal yakni, taman pendidikan Al-Qur'an (TPQ), pendidikan madrasah diniyah takmiliyah, dan pondok pesantren. 

Kepala Seksi PD Pontren Riana Anom Sari, SE menyebutkan bahwa Kementerian Agama Kota Cirebon berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan pesantren dalam rangka menyongsong program kemandirian pesantren. Salah satunya adalah dengan meningkatkan value yang dimiliki oleh suatu pondok pesantren. 

"Pesantren adalah pendidikan warisan pala wali, ini menjadi value tersendiri. Value ini ditambah dengan keunggulan yang harus dimiliki pesantren di berbagai sektor, sehingga lulusan yang dihasilkan dapat bermanfaat di masyarakat secara maksimal. Dengan demikian pesantren akan memiliki value  yang dapat menarik perhatian dunia pendidikan, " ucapnya. 

Riana menambahkan keunggulan dimaksud bisa bermacam-macam, misalkan pesantren yang unggul di bidang tahfidz, kajian ushul fikih, bahkan bisa saja di sektor lain seperti pertanian, perikanan, bahkan entrepreneurship. 

Dengan adanya program ini, diharapkan dunia pendidikan non formal dapat mencetak lulusan yang semakin baik lagi ke depannya

Kontributor : Adi & H. Arif A.