Kemenag Kota Cirebon Gelar Rapat Persiapan HSN Bersama Pemkot Cirebon dan Para Stakeholder

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober sebentar lagi tiba. Guna merayakannya, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon menggelar rapat persiapan di aula kantor selepas Salat Jum'at (14/10). Rapat dihadiri oleh unsur Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Pemerintah Kota Cirebon, sejumlah lembaga pemerintah dan organisasi masyarakat seperti MUI Kota Cirebon dan PCNU Kota Cirebon. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli, M.S.I. yang bertindak sebagai pimpinan rapat. Dirinya mengatakan bahwa Hari Santri Nasional adalah momen bersejarah yang tidak hanya milik santri, melainkan juga masyarakat Indonesia secara umum. Oleh karena itu gaungnya pun harus dirasakan oleh segala lapisan masyarakat secara luas. 

"Hari Santri adalah hari besar nasional, bukan hanya milik santri melainkan juga seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, gaungnya pun dapat dirasakan oleh segala lapisan masyarakat," ucapnya. 

Hari Santri Nasional dilatarbelakangi oleh peristiwa bersejarah tatkala KH. Hasyim Asy'ari merumuskan fatwa "resolusi jihad" pada 22 Oktober 2022. Fatwa tersebut mengobarkan semangat kaum santri untuk turut berjuang mempertahankan kedaulatan negeri ini. Perjuangan tersebut mencapai puncaknya di Surabaya pada 10 November 1945, yang kemudian dikenal sebagai Hari Pahlawan.

Pada rapat tersebut dibahas gagasan-gagasan terkait pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional tahun ini. Sejumlah hal diputuskan, seperti pelaksanaan kirab santri dengan melintasi sejumlah pondok pesantren di Kota Cirebon sebagai checkpoint, dan pelaksanaan seremoni di sejumlah lokasi, seperti Balai Kota Cirebon, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Gedung Dakwah PCNU, dan tiap-tiap pondok pesantren. 

Kontributor : Haji Arif Arofah