Kemenag Kota Cirebon dan 33 Kepala Madrasah Bahas Program Pengembangan Madrasah

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Sebanyak 33 kepala madrasah Kota Cirebon mengikuti rapat pembahasan program pengembangan madrasah di Hotel Zamrud (5/8). Rapat yang dihelat oleh Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) mengusung tajuk "Rapat Koordinasi Teknis dan Evaluasi Program pada Seksi Penmad Jenjang MI, MTs, MA di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon".

Rapat dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Ahsan. Dalam sambutannya, Moh. Ahsan menyebutkan bahwa rapat koordinasi yang dilaksanakan pada hari ini merupakan bagian dari instrospeksi diri terkait program yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan dalam memajukan madrasah di Kota Cirebon. 

"Rakor adalah instrospeksi diri tentang capaian yang dicapai pada tahun lalu, program yang dilaksanakan pada tahun ini, dan arah kebijakan tahun depan tentang bagaimana madrasah dapat mencapai taraf yang lebih baik dari tahun sebelumnya," ungkapnu

Hal senada disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Jajang Badruzaman. Dirinya menambahkan bahwa dalam waktu dekat, madrasah-madrasah di Kota Cirebon dan kota lainnya di Nusantara akan menghadapi asesmen kompetensi madrasah Indonesia (AKMI). 

"Asesmen ini dilaksanakan untuk mengukur kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya. Kita harapkan, kita dapat mempersiapkannya secara matang menjelang pelaksanaan agar dapat tercapai kompetensi yang diinginkan," ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan baahwa ada tiga hal yang dibahas pada rapat koordinasi ini. Pertama, melakukan evaluasi capaian program yang telah dilaksanakan tahun lalu. Kedua, melakukan diseminasi program-program apa saja yang telah dilaksanakan dan siap dilaksanakan pada tahun ini. Ketiga, merancang program untuk dilaksanakan pada tahun depan dengan mengacu pada hasil evaluasi program tahun lalu dan hasil diseminasi program tahun yang sedang berjalan.

Kontributor : Haji Arif Arofah