Kasubag TU : Guru Beri Pengaruh Positif bagi Siswa Gapai Cita-Cita

SHARE

Majasem (HUMAS Kota Cirebon)

Ibarat panah, murid adalah anak panah yang siap melesat menggapai cita-citanya. Agar anak panah mencapai target secara tepat, ia perlu dibimbing oleh si pemanah dengan bekal pengetahuan. Pemanah itulah peran guru. Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Slamet menyebutkan betapa besar peran guru dalam mendukung siswanya menggapai cita-cita. Karenanya guru harus memberikan pengaruh positif bagi siswanya. Ini disampaikan kala membuka Workshop Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) dan Administrasi Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan oleh MAN 2 Kota Cirebon pada Senin (12/6).

"Pada masa kini, siswa memiliki kebebasan untuk menentukan pendidikan dan pengajaran yang diterimanya berdasarkan minat dan bakatnya. Kendati demikian, guru tetap perlu bekerja keras untuk dapat mengarahkan dan membimbing siswa agar dapat meraih cita-citanya dengan bekal ilmu dan iman," ucapnya di hadapan 67 peserta kegiatan yang merupakan tenaga pendidik dan kependidikan MAN 2 Kota Cirebon.

Karenanya, sosok yang saat ini menjabat Plh. Kepala Kankemenag Kota Cirebon ini, mendukung penuh pelaksanaan workshop hari ini yang akan meningkatkan wawasan dan kemampuan guru dalam menyusun kurikulum dan administasi pembelajaran.
Kepala MAN 2 Kota Cirebon Muhaemin, selaku ketua pelaksana kegiatan menyebut bahwa KOM merupakan penyempurnaan kurikulum-kurikulum sebelumnya.

"KOM merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Para guru di madrasah  dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dan meng-upgrade metode pengajarannya sesuai kurikulum yang baru," ungkapnya.

Dikatakannya pula bahwa kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop dengan target peserta dapat menguasai tata kelola administrasi pembelajaran KOM berbasis kurikulum merdeka.

Kontributor : Haji Arif Arofah