Kasi PHU Kemenag Kota Cirebon : Haji Ibadah Mulia yang Menanamkan Tawakkal dan Sabar

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Setelah tertunda sama dua tahun akibat pandemi Covid-19, jemaah haji Kota Cirenon diberangkatkan lagi tahun ini, dengan ketentuan kuota keberangkatan hanya 46 persen. Jika biasanya kuota haji reguler Kota Cirebon berjumlah sebanyak 331 orang, maka tahun ini hanya sebanyak 162 orang jemaah haji yang diberangkatkan. 

Kendati demikian, kualitas layanan tak serta merta dikurangi, melainkan ditingkatkan, terutama dengan penambahan layanan di bidang kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dalam waktu persiapan yang singkat, penyelenggaraan pemberangkatan jemaah haji dilaksanakan sedemikian rupa hingga kepulangan mereka. 

"Alhamdulillah semua berjalan lancar ganpa kurang suatu apa pun. Seluruh jemaah haji Kota Cirebon yang diberangkatkan termasuk petugas hajinya dapat kembali ke kota ini dalam keadaan sehat walafiat," ungkap Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hj. Rokhyatun. 

Pada keberangkatan tahun mendatang, Rokhiyatun berharap pandemi sudah berakhir sepenuhnya sehingga kuota haji yang diberangkatkan dapat kembali normal. Selain itu, Rokhiyatun juga berpesan agar para calon jamaah haji tetap bersabar dalam menunggu keberangkatan dan berserah diri kepada Allah. 

"Haji itu ibadah yang mulia, tidak semua orang mampu melaksanakannya. Kenapa mulia? karena dalam prosesnya kita harus bersabar dan tawakkal dari mulai pendaftaran sampai keberangkatannya. Saya selalu mendoakan agar semuanya selalu sehat dan bisa menunaikan ibadah haji," tuturnya.

Kontributor :  Dea & H. Arif A