KANTIN : Kajian Rutin Santri Pondok Pesantren Al Ihya Kota Cirebon

SHARE

Jalan Sekar Kemuning (HUMAS Kota Cirebon)

Pondok Pesantren Al Ihya di Kota Cirebon kembali mengadakan kegiatan kajian rutin bagi para santri pada hari Rabu (21/06/2023) Kegiatan kajian rutin ini diisi oleh Maulana Abdul Aziz, penyuluh agama dari Kementerian Agama Kota Cirebon yang juga sebagai Koordinator Organisasi Pimpinan Wilayah IPNU Jawa Barat.

Kegiatan kajian rutin ini dihadiri oleh sekitar 30 santri Pondok Pesantren Al Ihya dan membahas tema tentang kepemimpinan. Aziz menyampaikan bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk memimpin diri sendiri dan orang lain dengan bijaksana dan bertanggung jawab,di mana seorang pemimpin merupakan sosok berpengaruh bagi pengurus atau anggota di bawah kepemimpinannya.

“Kepemimpinan dalam organisasi, bukan melulu soal pangkat atau jabatan. Tetapi bagaimana seorang pemimpin dapat memberikan semangat dan motivasi. banyak hal yang harus di emban oleh seorang pemimpin, khususnya dalam organisasi. Tanggung jawab seorang pemimpin bukan hanya soal jabatan, melainkan tentang amanah,” ungkapnya.

Lebih lanjut. Ia menjelaskan bahwa kepemimpinan dalam organisasi juga tentang kepercayaan yang akan menjadi bekal kedepan sebagai generasi muda yang akan melanjutkan perjuangan pemimpin.

“Mari persiapkan diri kita untuk mampu mengemban amanah sebagai pemimpin dimasa yang akan datang,” imbuhnya

Kajian rutin ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh para santri. Para santri mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan mereka kepada Maulana Abdul Aziz dan pihak Pondok Pesantren Al Ihya yang telah mengadakan kegiatan kajian rutin ini.

Kegiatan kajian rutin ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para santri Pondok Pesantren Al Ihya dalam memahami dan mengembangkan sifat-sifat kepemimpinan yang baik dan benar. Dengan adanya kegiatan kajian rutin seperti ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih religius, berkualitas serta menjunjung tinggi moderasi dalam beragama di Kota Cirebon.

 

Kontributor : Riani