Inmas Kota Cirebon Menjadi Narasumber Sharing Humas Kemenag

SHARE

Jalan Terusan Pemuda (INMAS Kota Cirebon)

 

Pandemi Covid 19 mengharuskan kita untuk menjauhi kerumunan, tapi tidak menyurutkan niat untuk tetap berbagi ilmu. Inspektorat Jendral Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Inmas Kemenag Kota Cirebon, Haji Arif Arofah, menggelar acara Sharing Humas Kemenag Episode 16 secara daring. (30/4).

 

Mengusung tema Cara Asik Bikin Informasi Publik Melalui Komik yang ditayangkan di medsos itjen dan aplikasi zoom, Acara ini sukses diikuti oleh sekitar 123 pelaksana humas dari berbagai satker Kemenag se Indonesia.

 

H Arif Arofah yang pernah memenangkan lomba komik religi ini menyampaikan bahwa Insan humas dituntut untuk terus berinovasi di bidang media agar bisa memberikan informasi yang lebih mudah dicerna dan lebih menarik sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik. “Salah satunya dengan menggunakan komik sebagai medianya,“ ujarnya.

 

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa komik yang baik adalah komik yang memuat banyak informasi yang berguna, Salah satu contohnya untuk informasi prosedural seperti untuk membuat tata cara naik haji.

 

Disamping itu, Ia juga menyampaikan bahwa menggambar bukan cara satu-satunya untuk membuat komik. “Kita coba membuat komik dengan foto yang telah kita ambil dengan memanfaatkan berbagai aplikasi, jadi tidak perlu takut apabila tidak pandai menggambar,” terangnya.

 

Dalam sesi tanya jawab, salah satu peserta dari MTS N 1 Cirebon mengaku senang dengan tema hari ini dan ingin membuat inovasi untuk berkolaborasi membuat buku pelajaran berbasis komik guna membantu siswa agar cepat menangkap materi dengan bantuan visual.

 

Diharapkan kedepannya Sharing Humas Kemenag ini  bisa menjadi wadah para insan humas menyampaikan aspirasi dan gagasannya.

Kontributor : Riani Kusuma Wardani