Hikmah Kemenangan Argentina pada Piala Dunia Qatar bagi ASN

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Pada 18 Desember 2022, dunia menyaksikan kegemilangan timnas Argentina memenangkan Piala Dunia 2022. Kemenangan ini hakikatnya menyisipkan hikmah bagi aparatur sipil negara (ASN), sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli pada apel pagi (19/12). 

"Kemenangan Argentina bukan milik satu orang saja, tapi kemenangan tim. Sebuah tim bisa menang dengan baik ketika bisa memaksimalkan potensi tiap personelnya. Prinsip seperti ini  ada juga dalam organisasi kita," ucapnya. 

Dikatakannya bahwa tiap-tiap personel dalam tim memiliki potensinya masing-masing. Ada yang berpotensi menyerang dan bertahan. Ada yang menjadi pelatih, kapten, dan manajer.

Demikian halnya dengan organisasi pada Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon. Ada yang memiliki potensi di bidang keuangan, penyuluhan, humas, dan atau perencanaan. Ada yang memiliki potensi menjadi pemimpin, fasilitator, bahkan instruktur. 

"Potensi-potensi tersebut harus saling mendukung dan melengkapi mengacu pada peran dan potensinya masing-masing," tambahnya. 

Saefuddin menambahkan bahwa tiap-tiap personel mungkin tidak selalu sejalan dengan gagasan kapten atau pelatih. Tapi semua pihak harus menahan diri dan menahan egonya demi mencapai tujuan yang lebih besar, yakni kemenangan tim. 

"Kita selaku ASN, kemenangan kita adalah ketika dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kita selalu ditunggu masyarakat untuk dapat menunjukkan keunggulan kita dalam memberikan layanan. Kita dituntut untuk dapat memenangkan hati mereka dalam memberikan pelayanan terbaik. Hal itu dapat diwujudkan dengan bekerja sebagai tim," pungkasnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah