Hasil Evaluasi PPDB MAN 1 Kota Cirebon : Madrasah Pilihan Pertama

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

MAN 1 Kota Cirebon menggelar rapat evaluasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang dilangsungkan di aula madrasah pada Kamis (27/7/23). Pada evaluasi tersebut ditemukan fakta menarik bahwa pendaftar menjadikan MAN 1 Kota Cirebon pilihan pertama. 

"PPDB MAN 1 Kota Cirebon dilaksanakan secara online. Pada proses pendaftaran ini kemudian dapat diketahui bahwa para pendaftar ternyata menjadikan MAN 1 Kota Cirebon sebagai pilihan pertama untuk melanjutkan studi," ungkap Kepala MAN 1 Kota Cirebon pada rapat yang dihadiri oleh kepala TU dan para wakil kepala madrasah tersebut. 

Ini menjadi hal yang menggembirakan bahwa madrasah rupanya kian digandrungi untuk dijadikan pilihan pertama dalam melanjutkan pendidikan. Lebih lanjut, Usmadi mengungkapkan bahwa jumlah pendaftar ini membludak sehingga harus dilaksanakan proses seleksi ketat. 

"Jumlah siswa yang mendaftar pada PPDB tahun ini berjumlah 428 orang dengan rincian 168 laki-laki dan 260 perempuan. Dari jumlah tersebut, hanya 75 persennya yang diterima setelah melalui proses seleksi baca tulis Al-Qur'an dan lainnya, yakni hanya sebanyak 324 siswa," tambahnya. 

Usmadi menyebutkan bahwa seleksi ini dilaksanakan mengingat keterbatasan kelas yang tersedia. Adapun rincian dari ke-324 siswa yang diterima itu berjenis kelamin laki-laki sebanyak 132 orang dan perempuan sebanyak 192 orang.
Kepala Subbagian Tata Usaha H. Slamet yang hadir pada rapat evaluasi menyambut gembira temuan tersebut. Dikatakannya bahwa ini merupakan bukti bahwa madrasah dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Kendati demikian, Slamet mengimbau agar kabar gembira ini tidak membuat tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MAN 1 Kota Cirebon mengendurkan kinerja. 

"(Capaian) ini salah satunya terwujud karena guru dan siswa madrasah sudah mampu menunjukkan prestasi sehingga kepercayaan masyarakat kepada kualitas madrasah kian meningkat.  Ke depannya kita ga bisa santai. Persaingan kian ketat. Madrasah jangan sampai berhenti berinovasi dan melakukan terobosan agar anak madrasah kian mampu bersaing secara global," pesannya, yang hadir memberi arahan mewakili Kepala Kankemenag Kota Cirebon. 

Kontributor : Haji Arif Arofah