Deteksi Dini Kanker Rahim dan Payudara, DWP Kemenag Kota Cirebon Ikuti Test IVA & Sadanis

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Test IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Provinsi di Indonesia, tak ketinggalan Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon sebagai bukti bahwa Dharmawanita Kemenag Kota Cirebon ikut mendukung program pemerintah dalam mencegah dan meminimalisir kanker di Indonesia.

Giat ini dibuka langsung oleh Penasehat DWP Kemenag, Eny Retno Yaqut dan diikuti secara daring oleh Dharma Wanita Persatuan Kemenag Kota Cirebon.

Bertempat di Puskesmas Sunyaragi Kota Cirebon, Sebanyak 21 anggota DWP Kemenag Kota Cirebon dan masyarakat umum antusias menjalani pemeriksaan IVA dan Sadanis. Test ini merupakan screening awal untuk mengetahui gejala-gejala kanker serviks serta mencegah terjadinya komplikasi.

“Wanita yang sehat akan menghasilan Indonesia kuat, wanita sehat menghasilkan anak-anak sehat, wanita sehat juga menghasilkan keluarga yang sehat dan tangguh sehingga keluarga yang tangguh ini akan menjadi satu kesatuan Indonesia yang kuat,” ungkap Hj. Priyatin selaku Ketua DWP Kemenag Kota Cirebon.

Menurutnya penting bagi wanita mengikuti test ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada diri sendiri.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, H. Moh Ahsan yang hadir didampingi Kasubbag TU, H. Slamet menghimbau seluruh ibu-ibu ASN Kemenag Kota Cirebon untuk mengikuti giat ini.

“Jangan takut untuk mengikuti test IVA dan Sadanis, demi pencegahan kanker serviks dan payudara sedini mungkin,”ungkapnya

Kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh pada sel sel di leher rahim. Kanker ini pada umumnya berkembang perlahan dan baru menunjukan gejala ketika sudah memasuki stadium lanjut.oleh sebab itu penting untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini sebelum timbul masalah serius. meski demikian, kanker serviks dan payudara dapat dicegah dengan melakukan test sedini mungkin serta berperilaku hidup sehat.

Kontributor : Riani K