Alhamdulillah Calon Haji 2021 Sudah Divaksin Covid-19

--

Jl. Terusan Pemuda (By-Pass) (INMAS Kota Cirebon).

Guna mempercepat usainya krisis pandemi Covid-19, pemerintah bekerja keras melaksanakan vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali caakan lon haji tahun 2021. Kendati batal diberangkatkan tahun ini, mereka tetap berhak untuk memperoleh perlindungan dalam hal keselamatan dan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon dr. H. Edy Sugiarto M.Kes. menyebutkan bahwa kesehatan dan keselamatan merupakan hal utama untuk dijaga. Tidak hanya pada kehidupan sehari-hari tetapi juga pada penyelenggaraan ibadah haji.

“Ketidakpastian dalam penyelenggaraan haji di masa pandemi itu sangat tinggi. Dibutuhkan bukan hanya ketakwaan, tetapi juga kesabaran,” ungkapnya pada kegiatan Sosialisasi KMA Nomor 660 Tahun 2021 di Attaqwa Center (16/9).

Kesabaran ini terkait penyelenggaraan pemberangkatan jemaah haji yang tidak terburu-buru, melainkan melalui kajian dan pertimbangan yang matang mengingat pandemi masih berlangsung. Hal ini pula melatarbelakangi pemerintah untuk memutuskan tidak memberangkatkan jemaah haji 2021.

Kendati demikian, pemerintah tetap bekerja keras untuk dapat segera mengobati rindu para callon haji, salah satunya dengan merancang suatu skenario jika haji diberangkatkan tahun depan.

“Jika haji diberangkatkan tahun depan, dimungkinkan jemaah haji memperoleh immune booster mengacu pada perkembangan pada saat itu,” ungkap sang dokter.

Semoga dunia lekas pulih dari pandemi, dan jemaah haji dapat kembali mengunjungi Baitullah tahun depan. Aamiin.

Kontributor : Haji Arif Arofah