52 Siswa MIN Kota Cirebon Tutup Matsama dengan Lepas 52 Balon

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) pada MIN Kota Cirebon dilaksanakan pada Senin-Selasa (17-18 Juli 2023). Pada kurun waktu dua hari tersebut, para siswa baru MIN Kota Cirebon mendapatkan berbagai wawasan dan informasi terkait tempat belajar mereka. Pada hari terakhir, mereka berkesempatan untuk bersama-sama melepas balon ke udara, bersama Kepala MIN Kota Cirebon Lili Sadeli. 

"Ada 52 siswa yang mengikuti matsama, dan ada 52 balon yang dilepaskan," ucapnya usai pelaksanaan seremoni penutupan (18/7/23). 

Pelepasan ke-52 balon tersebut menyiratkan makna bahwa ke-52 siswa telah tuntas menjalani matsama dan siap terbang bebas menuntut cakrawala ilmu di MIN Kota Cirebon. Sadeli menuturkan bahwa momen matsama dikemas sedemikian rupa agar siswa termotivasi semakin kuat untuk menuntut ilmu di madrasah kawasan pesisir Pantai Utara Jawa Barat tersebut. 

"Matsama ini momen penting bagi para siswa. Mereka diperkenalkan tentang lingkungan madrasah. Mereka pun mendapatkan informasi tentang apa saja yang akan dan bisa mereka lakukan di madrasah ini. Setiap pagi, mereka akan mengikuti pengajian dan mendapatkan siraman rohani. Jika suka, mereka pun dapat bergabung dengan kakak-kakak kelasnya dalam ekstrakurikuler bela diri. Tujuannya adalah membuat mereka semakin semangat untuk belajar," tambahnya. 

Lili pun menyebutkan bahwa matsama pun bertujuan untuk menunjukkan pada siswa bahwa lingkungan MIN Kota Cirebon layaknya rumah kedua. Mereka dapat belajar, dapat mengaji, dan dapat bermain sepuasnya di madrasah ini. 

Kontributor : Haji Arif Arofah