458 Siswa MI Kota Cirebon Jalani ANBK

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Sebanyak 458 siswa madrasah ibtidaiyah (MI) se-Kota Cirebon menjalani Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara serentak terhitung hari ini (24/10). Ke-458 siswa tersebut merupakan peserta didik kelas 5 dari satu MI negeri dan sembilan belas MI swasta. 

Guna memastikan asesmen nasional berjalan lancar, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Jajang Badruzaman, M.Ag. mengunjungi dua lokasi pelaksanaan kegiatan, yakni MIN Kota Cirebon di Kecamatan Kejaksan dan MIS As-Shofiyah di Kecamatan Harjamukti. Kedua madrasah tersebut mengikutkan 30 siswanya, yang dibagi kedalam dua sesi. 
Selama pelaksanaan asesmen, Jajang memastikan tidak ada kendala apa pun yang terjadi, terutama jaringan internet dan ketersediaan laptop bagi para siswa. 

"Alhamdulillah hari pertama ANBK berlangsung lancar tanpa kendala," ucapnya. 

Seraya memantau pelaksanaan kegiatan, Jajang mengatakan bahwa ANBK bukanlah ujian yang berkaitan dengan lulus tidaknya peserta asesmen. ANBK bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan madrasah dalam menyelenggarakan pendidikan. 

"ANBK adalah asesmen yang memotret madrasah untuk mengetahui kemampuan madrasah secara keseluruhan," ucapnya. 

Selepas ANBK, maka akan diketahui tingkatan madrasah sehingga akan membantu untuk memetakan madrasah dalam rangka peningkatan kualitasnya di masa mendatang. 

"Ada lima tingkatan penilaian dari ANBK. Yang terbawah adalah 'perlu pendampingan', kemudian 'standar', 'cakap', 'mahir', dan paling tinggi adalah 'perlu ruang akselerasi'. Kita harapkan madrasah dapat mencapai tingkatan yang baik," pungkasnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah