Upacara Hari Guru Nasional, Kepala Kemenag Kota Cirebon Sampaikan Ini

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Ratusan guru dan siswa yang berada dalam lingkup kerja Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon tumpah ruah di lapangan MAN 1 Kota Cirebon pada Sabtu (25/11). Pasalnya, pagi itu mereka berkumpul bersama dalam rangka upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN). Tahun ini, HGN mengambil tema "Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar", memuat semangat antusiasme guru dalam menyelenggarakan pendidikan. 

Semangat ini pula yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid selaku pembina upacara. Dikatakannya bahwa guru berperan penting dalam mendidikan para siswanya dengan cara memberikan perhatian dan afirmasi. 

"Di era pendidikan dengan kurikulum merdeka ini, perhatian dan afirmasi menjadi langkah penting agar siswa dapat lebih menikmati proses belajarnya, demikian hal dengan guru yang menikmati proses mengajar," ungkapnya. 

Hal ini sejalan dengan amanat Menteri Agama Republik Indonesia yang disampaikan oleh Khuailid bahwa, "guru memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, asesmen komprehensif, penjaminan mutu, dan tata kelola pendidikan. Sebab, pendidikan juga memiliki kapasitas untuk mentransformasi anak didik menjadi manusia yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas, tetapi juga kepribadian yang kuat, kreativitas yang berkembang, dan moralitas yang terpuji."

Di pengujung upacara, Khuailid menguntai asa agar momentum HGN ini dapat menjadi pemantik semangat para guru menyelenggarakan pendidikan yang semakin baik lagi dari hari ke hari. 

Kontributor : Haji Arif Arofah