Tanamkan Moderasi Beragama, MTsN 1 Kota Cirebon Gelar Peringatan Isra Miraj dan Tarhib Ramadan

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

MTsN 1 Kota Cirebon menggelar peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan Tarhib Ramadan pada Jumat pagi (8/3/2024). Momen ini digelar untuk mengusung semangat penanaman sikap moderasi beragama. 

"Kita beragama itu harus moderat. Tidak ke kanan tidak ke kiri. Tidak terlalu fanatik dan merasa paling benar sehingga menyalahkan orang lain," ucap Kepala MTsN 1 Kota Cirebon H. Casita kala menyampaikan sambutan kepada para guru dan siswa.

Program pengajian pada Jumat pagi hakikatnya  rutin dilaksanakan, dengan kegiatan yang berbeda-beda konsepnya. Mulai dari Taklim, Pidato 4 Bahasa, Zikir bersama, dan Senam Sehat Ceria. 

Pada kegiatan pagi ini, acara diawali dengan pembacaan tawassul oleh Wakabid Kesiswaan Kholik, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh perwakilan siswa dan hiburan seni musik Islami hadroh, yang dibawakan oleh Remaja Masjid Al-Barokah MTsN 1 Kota Cirebon. 

H. Casita selaku Kepala Madrasah memberikan arahan tentang pentingnya sikap tasamuh selama menjalankan ibadah di bulan Ramadan, khususnya pada perkara tata cara pelaksanaan ibadah, seperti penentuan awal Ramadan dan jumlah rakaat Tarawih. Casita juga memaparkan tentang 4 Pilar Moderasi Beragama yang meliputi Komitmen Kebangsaan, Anti Kekerasan, Toleransi, dan Mengakui Adat Istiadat. 

Puncaknya dari kegiatan adalah tausiyah yang dibawakan oleh  Qomaruddin. Dirinya menjelaskan pentingnya meraih kesuksesan di bulan Ramadan beserta kiat-kiatnya. 

"Weteng kempong, tetep seger. Weteng kempong, aja mager. Weteng seger, puasa bener," lantun Qomar diikuti iringan hadroh. 
Kegiatan ini ditutup dengan doa oleh H. Syarif Yamani dilanjutkan dengan bersalam-salaman. Para guru dan para siswa saling bermaafan menjelang momentum indahnya bulan suci Ramadan. 

Kontributor: M. Qomaruddin
Editor : Haji Arif Arofah