Siswa MTsN 1 Kota Cirebon Jalani Kurma Ramadan

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Para siswa MTsN 1 Kota Cirebon menjalani Kurma Ramadan di lingkup sekolah pada Rabu (20/3/2024). Ini bukan sembarang kurma, melainkan sebuah akronim dari "Kuliah Ramadan", sebuah program pesantren kilat yang dihelat pada Ramadan tahun ini. 
Syarif Yamani selaku panitia kegiatan menjelaskan, bahwa kuliah Ramadan dilangsungkan selama 9 hari untuk seluruh peserta didik kelas 7, 8, dan 9. Adapun pelaksanaannya terbagi menjadi 3 sesi. 

"Kurma dilaksanakan untuk membina kehidupan berinadah siswa agar menjadi semakin berkualitas. Pelaksanaannya terbagi menjadi 3 hari per jenjang. Di kegiatan ini diajarkan mengenai Teori Fikih, Pendalaman bacaan Quran, Tafakkur, dan  Praktik Ibadah," ucapnya. 

Sementara itu, Abdul Kholik selaku Wakabid Kesiswaan menyampaikan, bahwa Kurma Ramadan hakikatnya rutin dilaksanakan  pada saat bulan Suci Ramadan.

"Kegiatan pesantren Ramadan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memuliakan bulan Ramadan. Hal ini juga sesuai dengan arahan Kanwil Jabar agar satker dapat melakukan pembinaan keagaaman selama bulan Ramadan."

Hal senada disampaikan oleh Hazmi Zulpikar yang merupakan ketua pelaksana kegiatan. Dirinya berharap agar kegiatan ini dapat memantapkan kualitas ibadah, serta meningkatkan ketakwaan para siswa. 

"Kegiatan ini dapat mendorong anak-anak dari sekadar tahu menjadi lebih komprehensif kepada implementasi ibadah yang dilakukan selama Ramadan," jelasnya. 

Semoga kegiatan yang berlangsung pada tanggal 14-26 Maret 2024 ini dapat meningkatkan kualitas pemahaman dan praktik ibadah serta melahirkan insan-insan penerus bangsa yang bertakwa. 

Kontributor: M. Qomaruddin
Editor : Haji Arif Arofah