Siswa MAN 2 Kota Cirebon Rancang Masa Depan via Edujob Fair

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

MAN 2 Kota Cirebon menggelar Education and Job (Edujob) Fair di lapangan madrasah pada Rabu (31/1/2023). Kesempatan ini dimanfaatkan betul oleh para siswa untuk merancang masa depannya pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau jenjang karir. Tak heran jika mereka antusias mengerubungi tenda-tenda yang dihuni oleh perwakilan perguruan tinggi dan perusahaan mitra yang mengikuti kegiatan. 

Kepala MAN 2 Kota Cirebon Muhaemin mengatakan ada 22 perguruan tinggi swasta dan perusahaan yang berpartisipasi dalam program yang diselenggarakan kali kedua ini. Mereka datang dari dalam dan luar kota. 

"Ada 22 perguruan tinggi dan perusahaan swasta yang ikut pada Edujob Fair pada tahun ini. Mereka datang dari dalam kota, juga luar kota, seperti Semarang dan Yogyakarta. Ada beberapa perusahaan swasta juga yang hadir untuk membuka kesempatan berkarir ketika para siswa lulus nanti," ungkapnya. 

Muhaemin mengatakan Edujob Fair dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan bagi para siswanya dalam menentukan arah masa depannya. Terlebih, baru 27 siswa saja yang sudah mantap menentukan pilihan kuliahnya, mengingat mereka sudah diterima di perguruan tinggi negeri. 

"Edujob Fair ini terbuka untuk seluruh siswa MAN 2 Kota Cirebon, utamanya siswa kelas 12. Ada 256 siswa kelas 12, dengan persentase 60 mantap melanjutkan kuliah namun belum menentukan akan berkuliah di mana. Jadi, momen ini menjadi kesempatan berharga untuk para siswa tersebut menjajaki perguruan tinggi-perguruan tinggi yang hadir di sini, sekaligus juga pihak perguruan tinggi bisa memanfaatkan momentum untuk menunjukkan keunggulan-keunggulannya," tambahnya. 

Pada program ini, pihak madrasah pun menggandeng Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon guna menampung aspirasi para siswa yang memilih untuk berkarir selepas lulus. Melalui kerja sama ini, siswa diharapkan dapat mengetahui pula tata cara pengurusan AK.1 atau yang dulu disebut sebagai kartu kuning, yang merupakan bagian dari pendataan para pencari kerja. 
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid yang berkesempatan meninjau kegiatan menyampaikan apresiasi setingginya atas digelarnya program. Dikatakannya bahwa program ini memudahkan para siswa untuk merancang masa depannya. Siswa memiliki kesempatan berharga untuk berinteraksi langsung dengan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakatnya. 

"Melalui program ini, MAN 2 Kota Cirebon telah menunjukkan diri sebagai lembaga pendidikan yang peduli terhadap masa depan siswanya. Kita harapkan siswa dapat semakin mantap untuk merencanakan masa depannya, sesuai dengan minat dna bakat yang dikuasainya," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah